Takut Dengan Anjing? Begini Cara Mensiasatinya!

0
8
rasa takut berlebihan

Anjing adalah hewan yang menggemaskan dan sangat bersahabat dengan manusia. Mereka sangat setia dan manja pada majikan dan orang di sekelilingnya, wajar saja jika anjing disebut sebagai sahabat terbaik manusia. Akan tetapi, tidak semua orang menyukai hewan ini, bahkan ada yang memiliki rasa takut berlebihan sampai panik apabila di sekitar orang tersebut ada anjing.

Sebuah rasa takut yang berlebihan terhadap anjing disebut cynophobia, merupakan salah satu phobia terhadap hewan yang sangat umum diderita manusia. Phobia terhadap hewan memiliki beberapa kategori yang lebih spesifik. Sebuah phobia pada umumnya tidak terkontrol, tidak rasional, dan terjadi secara terus menerus. Setiap orang memiliki tingkat rasa takut yang berbeda terhadap anjing. Ada yang merasakan ketakutan saat ada anjing di sekitarnya, bahkan ada orang yang berpikiran tentang anjing saja sudah ketakutan setengah hidup.

Jika kamu memiliki permasalahan rasa takut yang berlebihan terhadap anjing, selalu ada cara untuk mengatasi ketakutan tersebut.

Cari tahu penyebabnya

Banyak orang yang memiliki rasa takut berlebihan terhadap anjing karena pengalaman buruk yang terjadi di masa muda mereka dan terbawa hingga dewasa. Mungkin kamu pernah dikejar oleh anjing ketika kecil, bahkan digigit, dan persepsi kamu tentang anjing hanyalah demikian. Bertemu dengan anjing akan menimbulkan rasa takut yang sama dengan pengalaman kamu semasa kecil dulu. Atau skenario lain yang mungkin terjadi, kamu selalu diceritakan hal negatif mengenai anjing semasa kecil, sebagai contoh orang tua. Jika sudah tahu penyebabnya, sekarang mencari solusinya.

Berkenalan dengan anjing

rasa takut berlebihanAnjing memiliki berbagai jenis dan karakter tiap jenis anjing pun berbeda – beda. Anjing rumahan ada yang galak, ada yang sangat penurut dan jinak, tergantung bagaimana pemilik anjing tersebut melatih peliharaannya. Namun, jenis anjing tertentu memiliki karakter yang memang sangat akrab dengan manusia. Coba berkenalan dengan anjing ras Siberian Husky atau Alaskan Malamute. Dua jenis anjing ini cenderung tidak menggonggong dan tidak agresif. Selain itu, mereka berbulu tebal dan sangat lucu untuk diajak bermain, terlepas dari ukuran tubuh mereka yang besar.

(Visited 219 times, 1 visits today)