Virgil Abloh, Sosok Di Balik Streetwear Super Mahal Off-White

0
30
virgil abloh

Jangan terkejut apabila melihat tag harga sebuah kaos yang mencapai jutaan rupiah. Nyatanya, saat ini banyak brand streetwear bermunculan menggunakan strategi penjualan demikian. Membandrol harga setinggi – tingginya dengan embel – embel eksklusivitas, Virgil Abloh berhasil merajai industri pasar busana meskipun brand yang ia ciptakan tergolong baru.

Virgil Abloh merupakan seorang Disc Jockey, desainer kreatif, dan pebisnis yang berasal dari Amerika Serikat. Ia menghabiskan waktu dan menetap di Milan, Italia, mengembangkan sebuah brand fashion Off-White yang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta busana mahal.

Orang tuanya berasal dari Ghana, yang kemudian pindah ke Amerika Serikat. Virgil tumbuh besar di Rockford, Illinois. Dirinya berkuliah di University of Winconsin – Madison dengan gelar sarjana teknik sipil dan gelar master arsitektur di Illinois Institute of Technology.

Di tahun 2011, Virgil Abloh mendapatkan kesempatan sebagai art director untuk album Jay – Z dan Kanye West “Watch the Throne,” yang kemudian mendapat nominasi Grammy Award untuk kategori pengemasan album terbaik.

Di awal tahun 2000, Virigl Abloh dan Kanye West berkolaborasi membuat sebuah brand busana bernama Pastelle, akan tetapi brand ini tidak pernah dirilis karena alasan teknis.

Virgil dan Kanye West sempat belajar tentang fashion di Fendi Roma pada tahun 2009 yang bermarkas di Chicago, Amerika Serikat. Dari sinilah dirinya terinspirasi untuk membuat sebuah brand streetwear high end, Off-White. Pada tahun 2014, Off-White resmi diluncurkan, dimana brand busana ini menyediakan jenis busana untuk pria dan wanita dengan harga tinggi.

Beberapa tahun silam, Virgil Abloh berkolaborasi dengan berbagai brand – brand ternama seperti Nike. Bahkan, dikabarkan Virgil Abloh akan berkolaborasi dengan raksasa produsen mebel dan furnitur terbesar di dunia IKEA.

Dirinya juga dipercaya mendesain kostum untuk New York City Ballet dan menjadi sutradara video klip rapper ternama Lil Uzi Vert.

Busana dari brand Off-White dikenakan oleh berbagai selebritas dan artis papan atas di Amerika Serikat, menandakan kesuksesan Virgil Abloh dalam industri ini.

Kamu sudah punya salah satu koleksi busana dari Off-White, POPle?

 

(Visited 499 times, 1 visits today)