5 Fakta Tersembunyi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Ini Bakal Bikin Kamu Terharu!

0
7

Ternyata ada beberapa fakta tersembunyi mengenai proklamasi kemerdekaan RI yang belum diketahui orang banyak. Apa saja?

 

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” Itulah quote dari sosok sang proklamator Ir. Soekarno yang begitu nyata tergambar tentang apa yang terjadi di negara kita tercinta saat ini.

Namun, kita tidak sedang membicarakan itu sekarang. Tapi tahukah kamu kalau di balik proklamasi kemerdekaan Indonesia ternyata tersimpan fakta yang mungkin belum banyak orang ketahui? Apa saja?

1. Dilaksanakan dengan Sederhana

Ternyata upacara kemerdekaan Indonesia tahun 1945 berjalan dengan sangat sederhana lho POPle. Bahkan tiang benderanya hanya terbuat dari batang bambu yang ditanam dalam beberapa menit sebelum upacara berlangsung. Wow salut..

2. Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah

Tahukah POPle, kalau naskah asli teks proklamasi yang ditulis oleh Soekarno dan Bung Hatta ternyata ditemukan di tempat sampah. Naskah bersejarah itu ditemukan oleh wartawan BM Diah di sebuah tempat sampah sekitar rumah Laksamana Maeda setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik. Setelah disimpan selama 46 tahun oleh BM Diah, barulah naskah itu diserahkan kepada presiden Soeharto.

Ini Arti Kemerdekaan Bagi POPULAR Angel’s

3. Bendera pusaka dari seprai

Nah, karena tanpa persiapan yang matang dan serba mendadak, ternyata bendera pusaka sang saka merah putih terbuat dari bahan-bahan yang nggak biasa. Warna putihnya dari kain seprai sedangkan warna merah berasal dari kain tukang soto lho!

4. Negatif film foto detik-detik Proklamasi

Apa jadinya bila prosesi proklamasi tidak didokumentasikan dengan baik? Tentu tidak ada yang percaya dengan kejadian ini. Frans Mendoer lah yang jadi penyelamat dokumentasi proklamasi milik negara. Sempat diminta oleh Tentara Jepang, Frans berkata tidak memilikinya.

Padahal negatif film dokumentasi tersebut ditanamnya di sebuah pohon di kantor Harian Asia Raja. Berkat kecerdikannya ini, akhirnya kita bisa melihat foto detik-detik bersejarah kebangsaan Indonesia sampai sekarang.

Mantap! 5 Rekor Pengibaran Bendera Merah Putih Ini Pernah Masuk MURI!

5. Indonesia sempat jadi negara superpower

Dibawah pemerintahan Bung Karno, Indonesia sempat membuat konferensi sendiri bernama Conefo atau Konferensi Negara-Negara Kekuatan Baru. Saat itulah Indonesia menjadi satu-satunya negara baru yang paling disegani di dunia. Luar biasa ya POPle!

 

Gimana, semakin bangga kan jadi orang Indonesia POPle?

 

Sumber: Berbagai Sumber

(Visited 396 times, 1 visits today)