Wanita Penghibur asal Korea yang Dikenang Sepanjang Masa: Siapakah Dia?

0
4
wanita penghibur

Bagi kamu penggemar drama atau film Korea, pasti pernah mendengar nama Hwang Jini. Hwang Jini adalah seorang wanita penghibur atau biasa disebut gisaeng yang hidup pada abad ke 16 masa pemerintahan Raja Jungjong, Dinasti Joseon. Karakter dan kisah Hwang Jini pernah diangkat ke layar lebar dan layar televisi yang berjudul Hwang Jini. Karakter Hwang Jini dalam layar lebar diperankan oleh Song Hyekyo, sedangkan di layar televisi diperankan oleh Ha Jiwon.

Tidak hanya kecantikannya yang melegenda, konon ia memiliki intelektual yang tinggi dan keterampilan seni yang baik. Ya, seorang wanita penghibur pada jaman tersebut tidak hanya dituntut memiliki penampilan cantik tapi juga keterampilan seni seperti bernyanyi, memainkan alat musik, melukis, hingga membuat puisi. Wa

Dalam industrinya, Hwang Jini memiliki nama panggilan yaitu Myeongwol yang berarti bulan terang. Bulan sendiri sering dijadikan lambang kecantikan wanita pada saat itu. Latar belakang keluarga Hwang Jini tidak pernah dibeberkan secara rinci. Tapi ada satu teori yang mengatakan bahwa Hwang Jini adalah seorang anak hasil hubungan gelap seorang pejabat dengan wanita penghibur. Sehingga Hwang Jini mengikuti jejak ibunya dan menerima pendidikan sebagai wanita penghibur sejak usia anak-anak.

Status wanita penghibur kala itu berada di kelas terendah, setara dengan budak, kuli, dan jagal. Namun berkat keterampilan dan intelektualitas yang tinggi, ia selalu dicari banyak orang, menghibur para pejabat di acara penting, dan menjadi legenda hingga saat ini.

Untuk urusan kesenian, Hwang Jini mampu memainkan alat musik geomungo dan menari. Selain itu, Hwang Jini juga dikenal mampu mengubah sajak Korea kuno ke dalam bahasa Korea dan Mandarin.  Pada jaman itu, tidak semua wanita mampu melakukannya.

Jini saat itu mudah dibedakan dari wanita lain dari penampilannya. Jika wanita biasa mengikat rambutnya dengan kepangan atau sanggul rapi, para wanita penghibur ini menggunakan hiasan rambut yang mencolok dan sanggul berukuran besar. Pakaian para wanita penghibur ini juga memiliki corak menarik dan warna cerah.

Itulah sepenggal kisah dari wanita penghibur asal Korea yang melegenda. Kalau menurut POPle, siapakah wanita Indonesia yang kecantikan dan bakatnya melegenda seperti Hwang Jini?

Baca juga: Kostum Bintang Kpop Ini Bikin Mimisan! Silakan Buktikan Sendiri!

(Visited 7,276 times, 1 visits today)