Awas, 5 Kalimat Ini Bisa Memperparah Keadaan saat Sedang Berantem dengan Si Dia!

0
3
Menurut Survei, Pasangan yang Sering Berdebat Justru Hubungannya Langgeng Lho!

Kala sedang berantem dengan Si Dia pastikan kata-kata berikut ini tidak keluar dari mulut Anda! Kalau tidak..

 

Lagi pacaran atau lagi menuju pernikahan? Selamat. Setidaknya hari-hari jadi nggak kering seperti hari-harinya para jones. (Eh!) Tenang, tenang, jones pashayatinya gembira kok karena nggak perlu melalui masa-masa berantem sama pasangan yang nggak bikin enak!

Ya, bina hubungan asmara dengan seseorang alias pacaran atau tunangan nggak berarti sepi dari api panas berantem. Maklum, beda kepala – beda pola pikir. Syukur-syukur bisa mengerti satu sama lain. Kalau nggak ngerti terus-terusan?

1. “Terserah. Apa kata kamu deh … “

Kalimat di atas bisa saja keluar dari mulut pas Anda sudah mencium cikal-bakal perselisihan. “Keintiman bukan hanya tentang perasaan nyaman tapi juga kemampuan untuk menjaga perasaan orang lain (pasangan),” jelas Monica O’Neal, psikolog dari Harvard.

2. “Itu keterlaluan banget!”

Dengan bilang kalimat di atas berarti Anda bilang kalau pandangan pasangan nggak benar. Padahal,”Masalah akan memanas jika orang bilang ‘Aku benar, kamu salah’,” jelas Susan Heitler, Ph.D., ahli hubungan antar manusia dan psikolog dari Denver. Lebih baik bilang: “Bagaimana kalau kita lihatnya dari cara pandang ini?” Nah..

Mau Kencani Wanita yang Lebih Muda? Ini Dia Trik Paling Mujarab untuk Mendekatinya?

3. “Oh, hebat banget!”

Bukan pujian tapi kalimat di atas adalah kalimat sarkasme yang bisa keluar pas berselisih. “(Kalimat) Itu tidak efektif sama sekali. Justru akan menimbulkan rasa ketak-percayaan,” jelas O’Neal lagi. Lebih baik jelaskan maksud Anda baik-baik agar tetap ada omongan dua arah.

4. “Kamu tuh bebal banget”

Saat pasangan makin banyak memicu semua yang jelek-jelek keluar dari diri Anda, tahan untuk tidak menyerang balik ke area ketak-nyamanan dirinya yang notabene bikin dia jadi makin sensitif. Apalagi jika Anda memberikan kata penghakiman ‘orang bego’ atau ‘orang nggak benar’. Lebih baik fokus untuk cari solusinya dengan kalem.

Seberapa Seru Virtually Dating alias Kencan Maya Milik Facebook?

5. “Aku pergi saja lah …”

Mungkin telinga dan kepala sudah panas dengan semua kalimat yang dikeluarkan mulutnya, dan rasanya ingin pergi begitu saja. Lumrah. Tapi jangan ucapkan kalimat di atas. Begitu diucapkan, itu terdengar di telinganya jadi dua arti: Anda ingin putus dan ingin pergi hindari masalah. Sungguh nggak oke. Solusinya? Tetap obrolin baik-baik apapun itu.

 

Sebenarnya saat sedang berantem lebih baik saling instropeksi diri, sesuai kata pepatah ‘Diam itu Emas’ , benar kan POPle?

(Visited 326 times, 1 visits today)