Hah! Stres Bisa Mengakibatkan Kualitas Sperma Menurun?

0
1
kualitas sperma

Waspada nih, berbagai macam masalah yang membuat Anda stres dapat berakibat buruk. Hah! Stres Bisa Mengakibatkan Kualitas Sperma Menurun?

Studi terbaru dari Columbia University’s Mailman School of Public Health dan Rutgers School of Public Health menunjukkan, stres berbahaya bagi kualitas sperma dan air mani. Kondisi ini pada akhirnya mempengaruhi konsentrasi, bentuk dan kemampuan sperma membuahi sel telur.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, infertilitas atau ketidaksuburan sama-sama berpengaruh pada pria dan wanita, dan kualitas air mani merupakan indikator kunci dari kesuburan pria.

Percaya-Nggak Percaya, Katanya sih Makan Toge Bisa Bikin Sperma Subur

“Pria yang merasa stres lebih mungkin memiliki konsentrasi sperma yang lebih rendah dalam ejakulasi mereka, dan sperma mereka lebih cenderung menjadi cacat atau memiliki gangguan motilitas,” ujar asisten profesor Epidemiologi dari Mailman School of Public Health, Pam Faktor – Litvak , PhD., seperti dilansir Science Daily.

Studi Lingkungan dan Reproduksi

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti mempelajari sekitar 193 orang pria berusia 38-49 tahun, dalam studi tentang Lingkungan dan Reproduksi di Kaiser Foundation Health Plan in Oakland, California, pada 2005 dan 2008 lalu.

Para partisipan ini diminta menyelesaikan tes untuk mengukur pekerjaan dan kehidupan stres pada skala subyektif (bagaimana mereka merasa secara keseluruhan ) dan skala obyektif (peristiwa kehidupan di balik stres). Mereka juga diminta menyediakan sampel air mani .

Kemudian, teknisi dari Universitas California , Davis, menilai sampel untuk konsentrasi air mani, penampilan sperma dan motilitas dengan menggunakan metode standar yang digunakan dalam pengujian kesuburan.

Begini Cara Menunda Ejakulasi, Agar Si Dia Happy…

Stres Pengaruhi Kualitas Air Mani

Hasil penelitian memperlihatkan, stres dalam hidup menurunkan kualitas air mani, bahkan setelah memperhitungkan kekhawatiran pria mengenai kesuburan, sejarah masalah kesehatan reproduksi, atau masalah kesehatan mereka yang lain.

So guys, kalian jangan terlalu stres yah. Nah, biar ga stres. Mendingan kalian download aplikasi POPULAR Now. Aplikasi POPULAR Now kalian bisa unduh di Google Playstore maupun iOS Store, pastinya bakalan bikin kalian nggak stres deh..

(Visited 10 times, 1 visits today)