5 Manfaat Sarapan Pagi Yang Sangat Penting Bagi Tubuh

0
9
Inilah Alasan Penting Kenapa Anda Harus Sarapan Pagi

Sarapan pagi itu sangatlah penting untuk kesehatan tubuh, karena sarapan pagi itu untuk menambahkan energi yang kita gunakan untuk beraktivitas. Tetapi jika anda melewatkan sarapan pagi pasti tubuh anda akan tidak punya berenergi yang cukup untuk melakukan aktivitas disepanjang hari.

Sarapan pagi itu memang penting untuk kesehatan tubuh. Mengapa? Sarapan pagi yang dalam bahasa Inggris disebut breakfast memiliki arti yang penting untuk Anda pahami. Breakfast terdiri dari kata break dan fast. Kata break sendiri berarti istirahat dan fast artinya puasa. Jadi, breakfast itu mengandung makna “buka puasaā€¯.

Bingung dengan kata puasa di sini? Puasa yang dimaksud di sini adalah waktu di mana Anda sedang terlelap tidur pada malam hari.

Pada saat tidur malam, Anda tidak makan dan minum selama kurang lebih hampir sama dengan durasi puasa di bulan suci. Inilah yang membuat tubuh Anda butuh untuk diisi kembali dengan makanan yang sehat dan bergizi. Antara lain:

1. Mengisi kembali energi tubuh

Pastinya orang yang telah melakukan sarapan pagi maka ia merasakan bahwa ia cukup berenergi. Rasa lapar dan lemas yang hadir setelah bangun tidur sudah diatasi karena manfaat sarapan pagi adalah mengisi kembali energi tubuh yang sudah lama puasa.
Jadi, jika diibaratkan tubuh Anda seperti telepon seluler yang semakin lama semakin berkurang baterainya hingga nol maka sarapan pagi adalah awal-awal charging atau pengisian ulang energi yang telah terkuras.

2. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular

Manfaat sarapan pagi juga bisa meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Hal ini dikarenakan menu sarapan pagi yang sehat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Selain itu, sarapan sehat juga bisa menguatkan sel-sel otot jantung. Ini bisa mencegah Anda dari stroke atau serangan jantung mendadak. Menu sarapan yang banyak mengandung serat sangat baik untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat sarapan pagi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa terjadi jika menu sarapan pagi Anda memiliki banyak kandungan antioksidan seperti buah jeruk, jus lemon, buah jambu biji, mangga, dan sebagainya. Menu sarapan pagi yang kaya akan antioksidan akan membuat Anda tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang baik juga akan menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti maag kronis.

4. Merawat kesehatan kulit agar selalu sehat

Hal ini dikarenakan manfaat sarapan pagi bisa membuat kulit Anda selalu sehat dan terawat. Oleh karena itu, milikilah menu sarapan pagi dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang tinggi karena baik untuk kesehatan kulit Anda.

5. Meningkatkan kesehatan rambut

Tidak hanya kulit, manfaat sarapan pagi bagi kecantikan tubuh juga meliputi kesehatan rambut. Menu sarapan pagi yang tinggi protein seperti putih telur akan menjaga kesehatan rambut. Ini dikarenakan rambut membutuhkan protein untuk pertumbuhan optimalnya.

Author : M. Robby

(Visited 215 times, 1 visits today)