5 Tips Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh Untuk Cegah COVID-19

0
0
Covid-19

Wabah virus korona (COVID-19) masih meresahkan masyarakat umum. 5 Tips Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh Untuk Cegah COVID-19

Meski meresahkan, bukan berarti Anda harus berdiam diri dalam menghadapi COVID-19. Ada beberapa cara ampuh yang telah direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah penularan virus korona.

Salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh. Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Harvard Health Publishing, imunitas tubuh yang sehat diklaim dapat mencegah seseorang dari paparan virus atau bakteri patogen pembawa penyakit.

Berikut beberapa tips sederhana meningkatkan imunitas agar terhindar dari virus corona:

1. Tidur yang Cukup

Hal ini telah diteliti dengan baik dan sudah dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah. Disebutkan bahwa, seseorang yang tidur selama kurang lebih enam sampai delapan jam tidur setiap malam, secara tidak langsung akan menerapkan gaya hidup sehat.

Lagi Wabah Virus Corona, Begini Etika Batuk dan Bersin yang Benar!

2. Konsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suplemen alami yang dipecaya membantu sistem kekebalan tubuh Anda, di antaranya vitamin C, E, dan makanan yang mengandung curcumin. Kandungan tersebut bisa Anda temukan di sejumlah tanaman herbal seperti kunyit, temulawak, serai, dan lain sebagainya.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah-buahan

Buah-buahan dan sayuran segar kaya aka anti-oksidan yang ampuh untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Secara khusus buah-buahan yang dibutuhkan, antara lain jeruk, mangga, sampai buah aprikot. Kemudian untuk sayur-sayuran, Anda dapat mengonsumsi tomat, wortel, bayam, labu, kubis, dan brokoli.

4. Hindari Makanan Bergula

Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi beberapa studi telah menunjukan bahwa kelebihan gula bisa berbahaya. Ini bisa mempengaruhi imunitas tubuh dan lebih sulit melawan luka infeksi.

5. Hindari Stres

Mengutip laman alodokter.com, stres tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stress dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

(Visited 1,598 times, 1 visits today)