7 Konsol Game Era 90an Yang Mungkin Akan Punah, Kamu Pernah Mainin Yang Mana?

0
3

Saat ini konsol masih menjadi salah satu mesin gaming yang populer di kalangan gamer, di samping PC dan smartphone/tablet yang belakangan mulai ikut bersaing.

Pun demikian, Chief Competition Officer Electronic Arts (EA) Peter Moore berpendapat jika konsol akan punah di masa depan. Pendapat pejabat EA itu dilontarkan ketika menjawab pertanyaan seputar kapan era konsol akan berakhir.

“Aku tidak yakin akan ada konsol, seperti yang kita tahu. Game akan diakses dengan menggunakan teknologi streaming, jadi kita tidak memerlukan perantara hardware di keduanya,” tutur Moore.

Pada tahun 1990-an banyak produsen teknologi, khususnya berasal dari Jepang, berlomba-lomba untuk menciptakan konsolnya sendiri. Nah, manakah di antara daftar berikut yang pernah kamu mainkan?

1. Atari 2600

Atari 2600 bisa dibilang menjadi konsol game yang paling awal menemani masa kecil generasi 90-an. Pasalnya konsol ini dirilis perdana pada tahun 1977 dan masih bertahan hingga tahun 1992. Artinya hampir 15 tahun bisa bertahan loh. Nah, Atari 2600 ini sangat terkenal melalui game Combat ataupun Pac-Man yang digemari anak-anak pada masa itu. Seru banget pasti ya!

2. Nintendo Entertainment System (NES)

 

Mungkin ini salah satu konsol game generasi 90-an yang paling memorable alias ngangenin. Nintendo Entertainment System (NES) atau juga dikenal dengan nama Famicom ini pertama kali dirilis di negara asalnya, Jepang, pada tahun 1983.Bahkan berkat kepopulerannya, konsol yang membawa video game 8-bit ini sempat dibuat ulang versi terbarunya pada tahun 2016 lalu, guys.

3. Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Melanjutkan booming dan kesuksesan NES, Nintendo akhirnya merilis versi upgrade lewat Super Nintendo Entertainment System (SNES) dengan menghadirkan video game 16-bit melalui perubahan pada segi grafis, suara dan gameplay. Nah, mengikuti langkah NES Classic yang dihadirkan pada 2016, Super NES Classic Edition juga dirilis kembali pada September 2017 lalu. Mau coba main lagi?

4. SEGA Mega Drive

Nggak kalah populer, SEGA juga merilis konsol SEGA Mega Drive yang menjadi kompetitor Nintendo kala ini. Katanya konsol game generasi 90-an ini memiliki keunggulan dari segi grafis dibandingkan Nintendo loh. Pantas saja banyak orang yang beralih nih. SEGA Mega Drive hadir dengan berbagai video game ikonik. Salah satunya adalah Sonic the Hedgehog yang punya peran sama seperti Super Mario pada Nintendo.

5. Sony PlayStation

Jauh ke era yang lebih modern, ada juga Sony PlayStation yang menggebrak pasar dan kian populer di seluruh dunia. Menawarkan peningkatan grafis hingga 32-bit, konsol game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1994. Di Indonesia, konsol game ini nggak kalah populer dan banyak digemari. Soalnya pada masanya banyak orang membuka rental PlayStation dan banyak orang yang hendak memainkannya, guys.

6. Nintendo GameBoy

Bosan dengan konsol game desktop yang nggak bisa dibawa ke mana-mana, Nintendo akhirnya berinovasi dengan merilis Nintendo GameBoy, sebuah konsol portable paling populer pada masanya. Konsol game ini sendiri dirilis pada awal tahun 1990-an. GameBoy sendiri pada awalnya hanya mengusung game hitam putih saja. Namun, dalam perkembangannya ada juga GameBoy Color yang menyajikan warna dalam gameplay yang ditawarkan.

7. Tamagotchi

 

Wah, pastinya kamu nggak pernah ketinggalan main yang satu ini. Dengan ukuran mini, Tamagotchi sangat mudah dibawa ke mana saja, bahkan bisa sampai dijadikan gantungan kunci loh! Misi utama dari konsol ini adalah merawat dan memelihara sebuah monster digital, guys. Kamu pasti inget gimana paniknya jika belum memberi makan peliharaan Tamagotchi. Nah, kamu pun bisa bermain ini bersama teman lainnya loh.

(Visited 713 times, 1 visits today)