Siap Meluncur Bulan Ini, Apa Saja Fitur Unggulan yang Dibawa Android P?

0
1
Siap Meluncur Bulan Ini, Apa Saja Fitur Unggulan yang Dibawa Android P?

Bagi pengguna android bersiaplah, dalam waktu dekat ini Google akan segera resmi meluncurkan sistem operasi (OS) versi 9 mereka setelah Android Oreo. Dengan inisial Android P, seperti apa pembaharuannya ya?

 

Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh pihak Google dalam ajang konferensi Google I/O 2018, akan ada penerus Android O dengan menyematkan pembaharuan berbagai fitur yang disesuaikan dengan ponsel masa kini.

Saat ini tren ponsel dengan layar dengan rasio 18 : 9 sudah menjadi hal yang mainstream. Ditambah beberapa produsen ponsel tersebut juga menyematkan sebuah poni atau notch. Untuk mendukung tren ponsel seperti hal tersebut, sepertinya Google juga akan melakukan beberapa penyesuaian.

Masih memiliki konsep penamaan sistem Androidnya dengan nama-nama makanan manis, disebut-sebut Android P akan resmi memiliki penamaan Android Pie. Sebelumnya pada bulan Maret lalu Google sudah meluncurkan versi beta sistem androidnya. Lalu apa saja vitur anyar yang akan dibawa oleh Android P ini.

1. Menampilkan Poni Buatan

Dikabarkan nantinya Android P akan menyediakan sebuah poni buatan. Jadi meskipun belum jelas kegunaan fungsi notch tapi kehadirannya juga dapat ditampilkan meskipun smartphone tidak memiliki poni bawaannya.

2. Memisahkan notifikasi percakapan grup dengan percakapan pribadi

Sebenarnya untuk saat ini pengguna Android dapat melihat sebuah percakapan dalam bentuk grup atau pribadi. Namun perlu melakukan swipe terlebih dahulu. Nantinya di Android P notifikasi antara percakapan grup dan percakapan pribadi akan langsung dipisahkan sehingga akan membantu user untuk langsung membedakannya.

Ramaikan Film Wiro Sableng 212, Line Launching Sticker Ekslusif…

3. Perubahan dalam button Home dan Back

Android P akan melakukan pembaruan dari icon home and back menjadi lebih apik. Di kabarkan pula nantinya untuk icon recent apps akan dihilangkan. Lantas jika pengguna ingin melakukan perpindahan aplikasi dapat men-swipe layaknya di Iphone X.

4. Melihat Pesan Gambar di Notifikasi

Nantinya pengguna dapat melihat cuplikan pesan bergambar dalam notifikasi. Ibarat mengintip jadi pengguna tidak perlu membuka pesan gambar tersebut. Sebelumnya fitur seperti ini belum dikembangkan pada Android O.

FWD Life Luncurkan Asuransi Nggak Pake Ribet, Lengkap dan Murah. Mau??

5. Zooming Text

Untuk keberadaan fitur yang satu ini tidak secara resmi disebutkan. Tetapi akan memudahkan pengguna dimudahkan dalam mengkoreksi sebuah teks karena dapat dilakukan zoom in pada bagian teks yang dikehendaki.

 

Author: Manesa

Editor: Iqbal Fahlevi

(Visited 43 times, 1 visits today)