Asal Muasal Ciuman di Malam Tahun Baru Yang Menjadi Tradisi Barat

0
4
Beda Tempat Ternyata Beda Pula Maknanya, Ini 5 Arti Ciuman dari Si Dia!

Tepat tengah malam pada malam Tahun Baru, masyarakat di Amerika akan saling berciuman. Kebiasaan itu menjadi populer di kalangan pasangan. Asal mula ciuman saat malam Tahun Baru yang berkembang di masyarakat Barat kemungkinan berasal dari Jerman.

Alexis McCrossen, penulis Marking Modern Times: A History of Clocks, Watches, and Other Timekeepers in American Life menunjukkan, salah satu referensi yang tercatat pertama kali soal berciuman di tengah malam di malam Tahun Baru terdapat pada laporan New York Times tentang perayaan Tahun Baru di New York City, 3 Januari 1863.

Efek Menakjubkan Dari Jatuh Cinta Adalah Memotivasi Hidup

“Malam Tahun Baru adalah waktu yang tepat di antara orang-orang Jerman (di Amerika Serikat), yang berkumpul di sekitar api unggun, ruang publik, dan rumah untuk menikmati musik, lagu, drama dan sandiwara, keceriaan dan kegembiraan,” kata Alexis, dilansir dari Time, Selasa, (1/01).

Artikel tersebut memaparkan, “Ketika jam berbunyi tepat tengah malam, semua perayaan berhenti sejenak. Mereka mendengarkan detik-detik pergantian tahun. Kemudian para pasangan, baik tua maupun muda saling berciuman hangat.”

Kian lama tradisi berciuman di malam Tahun Baru menyebar ke luar komunitas imigran Jerman, tak hanya di New York City.

“Kota-kota mulai semakin besar, semakin banyak imigran datang, terutama dari Eropa,” ujar Alexis, profesor sejarah di Southern Methodist University. “Jerman punya pengaruh besar terhadap budaya dan tradisi orang Amerika.”

 

berciuman lidah

 

Menyebar hingga ke seluruh penjuru Amerika

Jerman dipandang lebih terhormat. Orang Amerika mengadopsi kebiasaan para pendatang baru abad ke-19, salah satunya budaya dari Jerman. Tradisi berciuman di malam Tahun Baru pun menyebar hingga ke penjuru Amerika.

Pernahkah Anda Memikirkan Ini Sebelum Bercinta?

Setelah lampu warna-warni diperkenalkan pada tahun 1880-an, pilihan kehidupan malam mulai berkembang. Kebiasaan yang wajar bagi orang-orang untuk pergi keluar kota pada malam Tahun Baru sampai tengah malam.

“Dan bagi orang-orang terkasih yang bersulang di tengah malam, adalah wajar untuk berbagi ciuman. Sempat juga ada larangan menyalakan kembang api tahun 1907. Ini memaksa warga New York menemukan cara baru untuk merayakannya. Jadi, mereka mengadakan pesta dansa,” Alexis menambahkan.

(Visited 190 times, 1 visits today)