Menurut Riset, Berjalan di Tepi Pantai Bisa Jaga Kesehatan Mental Lho!

0
0
Menurut Riset, Berjalan di Tepi Pantai Bisa Jaga Kesehatan Mental Lho!

Tidak hanya sekadar bersantai dan menikmati keindahan alam, ternyata ada manfaat lain untuk kesehatan mental jika kamu lebih sering berjalan di pantai!

 

Berjalan di pantai memberikan beragam manfaat bagi tubuh melebihi saat sedang melakukan hal yang sama di jalan atau di taman. Ya, nyatanya berjalan di pasir pantai dengan kaki telanjang tak hanya menyenangkan, tapi ternyata juga menyehatkan mental kita lho.

Riset yang dipublikasikan oleh Jurnal Health & Place ini mengungkapkan kalau hidup di sekitar laut atau minimal rumah dengan pemandangan mengarah ke laut dapat meningkatkan kesehatan mental.

Peneliti dari University of Canterbury di Selandia Baru dan Michigan State University melihat visibilitas ruang biru dan hijau bagi warga masyarakat di Wellington.

Secara Ilmiah, Ini Alasan Kenapa Ciuman Sangat Penting dalam Kehidupan Asmara!

Riset ini menggunakan sejumlah responden berdasarkan pendapatan, usia, dan jenis kelamin, peneliti menemukan korelasi antara orang-orang yang dalam kesehariannya melihat pemandangan laut dengan kesehatan mental nan positif.

Selain itu dengan berjalan di pasir pantai bisa membuat orang cenderung membakar hampir 28 persen lebih banyak kalori. Ini karena berjalan di pasir mengeluarkan lebih banyak energi dibanding dengan berjalan di permukaan yang datar.

Kerugian yang Didapat Bila Kamu Menjadi Orang yang ‘Gengsian’!

Tapi yang harus dperhatikan saat berjalan di pantai sebaiknya waspadai benda-benda tajam yang mungkin berserakan di atas atau di bawahnya. Juga jangan berlebihan dalam berlari, karena berlari di pasir pantai memerlukan lebih banyak energi.

(Visited 170 times, 1 visits today)