Bosan dan Penat! Inilah 5 Alasan Kenapa Anda Butuh Me Time…

0
2
me time

Sebagian orang membayangkan ‘sendirian’ sebagai sesuatu yang sulit diwujudkan. Bosan dan Penat! Inilah 5 Alasan Kenapa Anda Butuh Me Time… 

Masalah klasik sebagai makhluk sosial adalah me time seringkali dicap sebagai bentuk penolakan teradap orang lain untuk diterima oleh masyarakat pada umumnya. Kita memang makhluk sosial yang butuh orang lain, tapi bukan berarti kita nggak butuh diri sendiri kan? Tetap aja teman terbaik dan musuh terhebat adalah diri sendiri.

Pertanyaannya, kapan Anda membutuhkan waktu untuk sendiri alias ‘me time’? Berikut beberapa sinyalnya.

1. Ketakutan saat ponsel berdering

Bagi sebagian orang, ponsel jadi senjata utama saat bekerja. Tak hanya itu, ponsel juga dianggap mampu menggantikan tugas-tugas benda lain. Orang bisa memanfaatkannya sebagai alarm, buku catatan, dan penunjuk waktu. Apalagi saat ponsel berdering, mau tidak mau orang buru-buru menjawab.

Intip Yuk, Tips Quality Time Malam Mingguan di Rumah Bareng Pasangan Versi Tania Gracia

Akan tetapi, jika Anda merasa takut saat ponsel berdering, artinya Anda perlu waktu dengan diri sendiri. Konselor klinis, Paula Anderson mengatakan, tubuh mencoba memberitahu untuk menjauh dari ponsel dan memerlukan waktu untuk menyendiri sejenak.

2. Terlalu Khawatir

Rasa cemas atau khawatir wajar terjadi. Namun, itu mulai tidak wajar jika semua hal kecil turut menyita perhatian. Orang perlu jeda untuk sejenak menjauh dari rutinitas. Jika tidak, ada kemungkinan rasa khawatir akan terus-menerus muncul dan berlangsung lama. Gangguan kecemasan bisa saja terjadi jika rasa khawatir ini berlangsung selama enam bulan atau lebih.

3. Sering merasa lelah

Tubuh tetap merasa lelah meski sudah cukup tidur bisa menjadi sinyal bahwa Anda perlu ‘me time’. Tidur itu benar-benar menghabiskan waktu sendiri, sehingga merasa mengantuk atau lelah bisa memaksa kita untuk lebih banyak sendiri dengan cara yang mudah.

4. Semua orang dianggap mengganggu

Orang sekitar mungkin tak melakukan sesuatu yang bermaksud mengganggu. Namun, jika dalam satu waktu Anda merasa bahwa semua orang adalah gangguan, artinya Anda membutuhkan ‘me time’. Hal-hal demikian wajar terjadi lantaran level sensitivitas seseorang akan meningkat pada kondisi itu. Ini jelas menjadi sinyal untuk rehat sejenak.

5 Kegiatan Sederhana Ini, Mampu Ciptakan Quality Time dengan Si Dia…

5. Frustasi meski tanpa alasan

Tak ada sesuatu yang terjadi atau dilakukan tanpa alasan. Ada alasan untuk marah, kecewa, atau sedih. Namun, pernahkah Anda merasa marah tapi tak tahu mengapa? Ini bisa jadi tanda Anda perlu pergi dan mencari waktu sendiri. Tak perlu pergi jauh. Jalan-jalan di sekitar komplek rumah cukup untuk menjernihkan pikiran dan bersantai.

 

(Visited 157 times, 1 visits today)