Buat Para Pria, Ini 3 Perubahan Fisik yang Kalian Alami Saat Jadi Ayah!

0
0
jadi ayah

Menjadi orangtua adalah sebuah pengalaman yang bisa mengubah hidup Anda hingga 180 derajat. Buat Para Pria, Ini 3 Perubahan Fisik yang Kalian Alami Saat Jadi Ayah!

Menjadi orangtua adalah sebuah pengalaman yang bisa mengubah hidup Anda hingga 180 derajat. Apalagi saat si kecil baru saja lahir. Mulai dari kegiatan sehari-hari, pemikiran, dan perasaan Anda jadi tercurah sepenuhnya untuk buah hati tersayang.

Lalu, bagaimana dengan perubahan pada ayah baru? Adakah perbedaan yang dialami pria sebelum dan sesudah bayinya lahir? Banyak ayah baru melaporkan bahwa selama istrinya hamil hingga anaknya lahir, mereka juga mengalami berbagai perubahan. Setelah bertemu dengan bayinya, laki-laki justru akan merasakan macam-macam perubahan pada dirinya, baik secara fisik maupun psikologis.

Penasaran kan perubahan fisik apa saja yang dialami ayah setelah bayinya lahir? Ini dia penjelasan lengkapnya.

1. Perubahan Hormon

Perubahan pada ayah baru yang paling besar terjadi di dalam tubuhnya. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal di Amerika Serikat, Proceedings of The National Academy of Sciences, pria mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan setelah anaknya lahir.

Ada 5 Alasan Kenapa Anak Perempuan Lebih Dekat ke Ayahnya!

Pada umumnya pria memiliki kadar hormon testosteron yang tinggi. Hormon tersebut sangat memengaruhi sifat agresif pada laki-laki. Namun, penelitian yang dilakukan tahun 2013 tersebut berhasil mengamati bahwa para ayah baru mengalami penurunan kadar testosteron dalam jumlah yang cukup berarti. Hal ini membuat ayah baru jadi lebih lemah lembut ketika menghabiskan waktu bersama bayinya.

 

2. Perubahan Pada Otak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli saraf di Bar-Ilan University, Israel, perubahan pada ayah baru bisa dilihat pada bagian-bagian otaknya. Penelitian tersebut mengamati aktivitas otak pada ayah yang berperan cukup aktif dalam mengurus bayinya yang baru lahir. Hasil dari pengamatan tersebut menunjukkan adanya jaringan-jaringan baru yang aktif dan bekerja pada otak ayah baru.

Beragam jaringan otak tersebut bertanggung jawab untuk mengolah perasaan dan pemahaman sosial. Karena lahirnya jaringan-jaringan baru pada otak pria, ayah pun jadi semakin peka terhadap kebutuhan dan kondisi bayinya.

4 Tips Menjadi Seorang Ayah yang Hebat

3. Berat Badan Bertambah

Perubahan pada ayah baru berupa berat badan bertambah bisa jadi disebabkan oleh perubahan hormon. Selain itu, bertambahnya berat badan juga mungkin terjadi karena tubuh ayah menyiapkan energi dan kekuatan yang lebih besar. Energi dan kekuatan tersebut akan sangat berguna saat merawat bayinya.

Well guys, are you ready to be a daddy??

 

(Visited 11 times, 1 visits today)