Daftar Makanan Ini Mampu Membuat Suasana Hati Jadi Lebih Baik Saat Depresi

0
6
Depresi

Sejatinya nutrisi dapat memainkan peran utama dalam mengurangi keparahan dan durasi depresi. Daftar Makanan Ini Mampu Membuat Suasana Hati Jadi Lebih Baik Saat Depresi

Pada umumnya orang lebih memperhatikan kesehatan fisik dibanding kesehatan mental, itulah sebabnya kesehatan mental sering diabaikan. Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang serius dan kebanyakan orang tidak menyadarinya.

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi seperti karbohidrat, protein, asam lemak omega 3, vitamin B, folat, kalsium, kromium, yodium, besi, selenium dan seng dapat menurunkan kejadian depresi dan penyakit mental lainnya.

Dilansir dari Boldsky, kamu bisa membuat perubahan kecil dalam dietmu dengan memasukkan 4 makanan ini untuk membantu melawan depresi, serta membantu meningkatkan suasana hatimu agar lebih baik secara instan.

[Study] Benarkah Bumbu Dapur Dapat Berkhasiat Mencegah Berbagai Penyakit?

1. Ikan

Ikan seperti makarel, salmon, tuna, sarden, dan trout adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik serta dapat memainkan peran penting dalam fungsi otak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan, bahwa makan lebih banyak ikan dapat mengurangi risiko depresi.

2. Buah-buahan

Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti folat, vitamin B, vitamin D dan selenium, selain baik untuk kesehatan juga berguna dalam membantu menurunkan risiko depresi serta meningkatkan mood. Kamu bisa menkonsumsi buah-buahan seperti apel, pisang, grapefruit, beri, dan buah jeruk secara teratur.

3. Sayur-sayuran

Layaknya buah-buahan, sayuran juga memiliki kepentingan yang sama. Dengan perbanyak konsumsi sayuran seperti kubis Brussel, kubis, dan bayam, kamu bisa mengurangi risiko depresi. Sebab sayuran kaya dengan folat, zat besi, vitamin B, dan nutrisi penting lainnya.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mete, hazelnut, kacang brazil dan walnut, kaya akan asam lemak omega 3 dan antioksidan polifenol. Kedua zat tersebut dikenal berguna untuk mendukung kesehatan otak secara keseluruhan. Di antara semua kacang, kenari dianggap yang terbaik untuk mengurangi risiko depresi dan meningkatkan suasana hati. Kenari mengandung beberapa senyawa neuroprotektif seperti folat, vitamin E, dan antioksidan lainnya.

(Visited 242 times, 1 visits today)