Dengan Melakukan Olahraga Ini Anda Terbebas Dari Virus Covid-19

0
13

Olahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menghindari virus Corona atau Covid-19. Sebaiknya berolahraga dilakukan secara rutin, sesuai anjuran para ahli lantaran meski terkesan sepele, berolahraga tetap memiliki aturan yang wajib dipatuhi.

Tak perlu olahraga yang “berat-berat” dan dilakukan terlalu lama yang mungkin bisa membut buah hati ada ogah-ogahan melakukannya, namun lebih kepada manfaat yang bakal diterima jika kita rutin melakukannya.

Adapun durasi ideal berolahraga, menurut Andi, yaitu cukup dengan waktu 30 menit hingga satu jam. Apabila olahraga di atas satu jam, lanjut dia, justru akan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan rentan. Terkait kondisi virus corona yang semakin mewabah, Andi juga sangat menganjurkan untuk berolahraga di dalam rumah.

Inilah beberapa olahraga ringan yang dapat menangkal virus Covid-19

  1. Yoga

Yoga sangat baik dilakukan oleh manula karena olahraga ini sangat minim dengan risiko cedera. Bahkan, olahraga tersebut terbilang murah dan bisa dijalankan di mana saja, sebab tidak membutuhkan tempat serta waktu khusus.

Jika yoga dijalankan dengan teratur, tentu akan membantu anda dalam mengontrol emosi sehingga kesehatan mental tetap terjaga. Dalam yoga bukan hanya fisik yang dilatih, tetapi teknik pernapasan yang mampu mengeluarkan racun dan memberi asupan oksigen lebih banyak pada tubuh sehingga organ di dalam tubuh bekerja lebih baik mencegah penyakit karena sistem kekebalan tubuh meningkat.

Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, juga mengatakan kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuh.

Xiaomi Luncurkan Beragam Produk Gaya Hidup Untuk Indonesia

  1. Joging

Joging juga tidak kalah penting untuk menghindari terpaparnya virus Covid-19. Berdasarkan riset Peter Schnohr menemukan olahraga ini mampu meningkatkan asupan oksigen, fungsi jantung, sensitivitas insulin dan kepadatan tulang, mencegah obesitas, pembekuan darah, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Jogging tidak hanya bisa dilakukan di tempat umum. Kamu juga bisa melakukan jogging di rumah dengan berlari di tempat atau menggunakan treadmill.

  1. Aerobik

Olahraga aerobik menjadi opsi yang cukup menarik untuk dilakukan di rumah, misalnya zumba. Biasanya, instruktur olahraga aerobik ada di hadapan Anda selama sesi berlangsung. Namun, karena darurat virus corona membuat banyak orang memilih untuk tetap di rumah, carilah instruktur online.

Sama seperti yoga, ternyata olahraga aerobik juga bisa meredakan gejala depresi dan gangguan cemas, yang mungkin diakibatkan oleh virus corona.

  1. Olahraga Kardio

Kardio adalah jenis olahraga di rumah yang efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat, selama masa darurat virus corona. Berjalan di treadmill dengan kecepatan tertentu menjadi salah satu olahraga kardio yang mudah dilakukan. Jikalau Anda memiliki treadmill di rumah, alat olahraga ini bisa menjadi opsinya.

Kerja Sama dengan Empat Kreator Lokal, LINE Berikan Edukasi COVID-19

Olahraga kardio sangat beragam, berjalan kaki di halaman depan rumah saja, sudah termasuk dalam olahraga cardio. Namun ingat, jangan coba-coba ke luar rumah, kalau Anda mengalami gejala infeksi virus corona, seperti batuk, sesak, demam, atau sakit tenggorokan.

Lompat tali juga masuk dalam golongan olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah. Kalau belum terbiasa, lakukan secara perlahan untuk menghindari cedera.

  1. Menari

Nyalakan lagu favoritmu, dan menarilah! Penelitian membuktikan, menari juga tergolong sebagai olahraga karena bisa meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh. Sebab, menari membuat tubuh kita menjadi lebih aktif dan terus bergerak.

(Visited 86 times, 1 visits today)