Dengan Prinsip Responsible Lending, Modalku Sukses Menekan Default ke 0,8%

0
3
Responsible Lending

Sejak berdiri di Indonesia pada bulan Januari 2016, Modalku berpegang pada
visinya memberdayakan UMKM. Dengan Prinsip Responsible Lending, Modalku Sukses Menekan Default ke 0,8%

Sejak berdiri di Indonesia pada bulan Januari 2016, Modalku berpegang pada
visinya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belum terlayani untuk mengembangkan usaha dan memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui penyediaan pinjaman usaha.

Untuk mencapai tujuan ini, Modalku menyediakan layanan Peer-to-Peer (P2P) lending di mana UMKM peminjam dipertemukan dengan pemberi pinjaman secara digital. Pemberi pinjaman Modalku merupakan individu serta institusi.

Dengan turut mendanai pinjaman UMKM, mereka mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat return yang menarik, bisa mencapai 20% per tahun. Hingga saat ini,
Modalku telah mencairkan total pinjaman usaha lebih dari Rp 2,8 triliun bagi UMKM Indonesia.

Kota Pekalongan Jadi Saksi Peluncuran Perdana Aplikasi Netzme

Seperti investasi manapun, risiko tidak dapat sepenuhnya dihilangkan. Risiko bagi pemberi pinjaman terkait alternatif investasi Modalku adalah default atau UMKM yang mengalami gagal bayar pinjaman. Modalku menerapkan prinsip responsible lending, di mana ada evaluasi ketat untuk menilai kemampuan finansial setiap UMKM untuk melunasi pinjamannya.

Pinjaman usaha hanya disalurkan bagi bisnis UMKM yang layak dan berpotensi. Dengan prinsip responsible lending, Modalku dapat mempertahankan tingkat default sebesar 0,8%, angka yang termasuk di bawah rata-rata industri keuangan.

“Agar dapat menyediakan pinjaman bagi pelaku UMKM yang sebelumnya belum terlayani, Modalku menggunakan penilaian kredit berbasis teknologi untuk melakukan evaluasi terhadap keadaan finansial mereka. Kami hanya mencairkan pinjaman bagi UMKM yang layak dan mampu melunasi pendanaan. Dukungan modal usaha yang
diberikan harus dilakukan secara sehat agar memberikan hasil yang positif bagi semua pihak,” ujar Sigit Aryo Tejo, Head of Micro Business Modalku.

Sejak beroperasi, Modalku telah menjalankan berbagai inisiatif yang menunjukkan komitmen terhadap perlindungan konsumen. Secara hukum, Modalku resmi terdaftar di OJK. Modalku juga memiliki sertifikasi ISO 27001, yaitu penilaian standar internasional terhadap sistem manajemen keamanan informasi dan perlindungan data.

(Visited 81 times, 1 visits today)