Hal Jorok Tapi Normal yang Terjadi Pada Tubuh Setiap Pagi

0
1
tubuh

Tubuh melakukan rutinitasnya setiap pagi. Mungkin memang memalukan, tetapi ini adalah bagian dari manusia normal, dan itu berarti Anda sehat.

Bangun di pagi hari adalah hal yang sangat pribadi, bahkan jika itu berarti melakukan beberapa hal kotor atau jorok, tapi ini dapat membantu tubuh tetap pada jalurnya. Ketika tubuh Anda beralih dari tidur menjadi bangun, ada beberapa proses yang harus dilalui, dan yang dilakukan tubuh di pagi hari merupakan tanda kesehatan fisik yang baik.

Napas pagi

Jika Anda sering merasakan bau mulut di pagi hari, Anda tidak perlu khawatir. Air liur yang menghilangkan bakteri penyebab bau mulut berkurang produksinya secara signifikan pada malam hari ketika sedang tidur. Sehingga tidur dengan mulut terbuka akan memperburuk keadaan. Ini menghasilkan mulut kering dan ribuan bakteri bersembunyi dan menumpuk di lidah, juga di plak gigi Anda, sehingga menciptakan asam yang dapat menyebabkan napas menjadi bau di pagi hari. Kebersihan mulut yang baik adalah kuncinya, terutama sebelum tidur. Selama Anda memperhatikan kebersihan mulut, bau mulut hanyalah hal yang dilakukan mulut sehat ketika bangun tidur.

Mulut kering

Apakah Anda sering terbangun dengan mulut yang kering meskipun Anda minum air lebih dari cukup pada malam harinya? Ketika sedang tidur, Anda tidak menghasilkan banyak air liur, jadi secara alami akan terbangun dengan mulut yang lebih kering daripada sebelum tidur. Meskipun ini sangat normal, Anda dapat mencoba menghindarinya dengan tidak menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, karena dapat mengeringkan mulut Anda. Selain itu, menaruh segelas air di dekat tempat tidur Anda akan dapat membantu.

Kentut

Setelah Anda bangun dan mulai bergerak di pagi hari, Anda mungkin sering kentut. Ini normal karena gas di pagi hari adalah tanda dari sistem pencernaan yang sehat. Gas bisa membuat tubuh Anda berterima kasih karena telah memperlakukannya dengan benar.

Mata bengkak dan berkerak

Cairan dalam tubuh menyebar ketika Anda sedang berbaring, dan sebagian mengalir di kulit sekitar mata saat Anda tidur. Coba untuk memercikkan air dingin ke wajah Anda di pagi hari, menepuknya dengan handuk, dan memberikan tekanan ringan di sekitar mata untuk mengurangi pembengkakan. Kotoran mata merupakan cairan yang menumpuk di mata setelah tidur. Ini berarti mata Anda masih melindungi diri dengan benar, bahkan ketika Anda sedang tidur. Kotoran atau kerak mata adalah kombinasi dari debu, lendir alami dan sel-sel kulit mati. Ketika Anda bangun, ini terkena air mata, tapi ketika tidur, itu akan menumpuk.

Bau badan

Sangat normal untuk mengeluarkan bau, terutama di daerah ketiak. Banyak yang berkaitan dengan proses metabolisme yang terjadi saat Anda tidur. Tubuh memanfaatkan waktu ini untuk detoksifikasi, menghilangkan racun melalui keringat sehingga bakteri pada kulit bekerja pada ekskresi, dan menciptakan bau yang tidak sedap.

Tanda Umum Apabila Latihan Olahraga Tidak Tepat Bagi Tubuh Anda

Urin berwarna gelap

Anda mungkin terbangun dengan kencing yang lebih gelap dari normal. Ini karena tubuh Anda melepaskan hormon saat sedang tidur untuk memberikan waktu ginjal Anda beristirahat. Ginjal adalah bagian dari sistem atau saluran kemih bersama dengan ureter, kandung kemih, dan uretra. Jadi ketika beristirahat, urin Anda terkonsentrasi dan oleh karena itu warnanya menjadi lebih gelap. Pada siang hari, urin yang gelap biasanya merupakan tanda dehidrasi. Tapi di pagi hari, urin yang gelap merupakan pertanda tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Buang air besar

Jika buang air besar di pagi Anda dalam skala yang besar, itu karena semua yang mencerna tubuh dilakukan saat Anda berada dalam tidur. Kontraksi di usus besar paling tinggi terjadi di pagi hari, dan ini adalah saat kebanyakan orang buang air besar dari makanan yang dicerna seharian. Sistem pencernaan Anda sehat ketika teratur buang air besar setiap pagi. Jadi, berbahagialah tubuh Anda melakukan apa yang seharusnya.

Kram otot dan kaku

Anda tidak harus berolahraga keras hanya untuk bangun dengan rasa kram dan kaku. Ternyata, sendi kaku dan otot kram di pagi hari berkaitan dengan sirkulasi. Ketika Anda mulai bergerak, darah serta oksigen dialihkan dari saluran pencernaan dan organ-organ vital untuk memenuhi kebutuhan otot-otot Anda.

Tanpa Anda Sadari, Ini Hal-hal yang Dilakukan Tubuh Setiap Pagi

Berdahak

Saat berdahak adalah ketika tubuh Anda membersihkan alergen atau kotoran dari hidung, sinus, dan tenggorokan dari peradangan atau alergi. Itu menandakan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat sehingga Anda dapat membersihkannya. Jadi, ketahuilah bahwa itu masih pertanda tubuh yang sehat.

Bersendawa

Seperti halnya perut kembung, sendawa pagi adalah tanda dari sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik. Pada malam hari, perut bekerja untuk mencerna makanan apa pun, dan gas dapat menumpuk. Jadi ketika bangun di pagi hari, bersendawa adalah hal yang normal untuk mengeluarkan semua udara di perut dari semalaman.

(Visited 143 times, 1 visits today)