Owala! 4 Jenis Makanan Ini Bisa Naikkan Risiko Kena Diabetes

0
3

Jangan anggap remeh makanan yang masuk ke mulut. Karena justru makanan yang kita anggap aman dikonsumsi malah bisa naikkan potensi tubuh kena diabetes!

 

Penyebab diabetes secara umum sudah kita ketahui, seperti aktifitas pasif alias malas gerak (olahraga!), kegemukan alias obesitas, merokok, minum banyak alkohol dan makan makanan yang cepat menaikkan kadar glukosa dalam darah. Demikian Harvard T.H. Chan Public of Health.

Seremnya ada kebiasaan lain yang bisa naikkan kadar gula dalam makanan yang kita nggak sangka, seperti:

 

#1  MAKAN MENU VEGETARIAN

Kelihatannya sih sehat banget makan menu vegetarian, tapi jangan salah, jangan sampai salah memadu-padankan menu dengan makanan yang kaya karbohidrat! Misalnya, makan kentang dengan nasi. Jadi hati-hati deh kalau makan kentang, jagung dan lain-lain!

 

Benarkah Penggemar Seafood Lebih Aktif Bercinta?

 

#2   SUKA NGEMIL BUAH KERING (BUAH YANG DIKERINGKAN)

Kelihatannya sih memang makanan sehat atau camilan sehat, tapi buah kering bisa memicu naiknya kandungan gula.

Suka makan aprikot kering dan setelahnya merasa kenyang banget?

Itu tandanya kita sudah mengonsumsi banyak gula tanpa adanya fiber!

Lebih aman lahap apel segar atau jus anggur. Kandungan air dalam buah-buahan ini lebih lama membuat kenyang secara alami.

 

 

#3   BANYAK KONSUMSI DAGING MERAH

Meski daging merah kerap diasosiasikan dengan risiko penyakit jantung, tapi ada bukti kalau makanan ini – meski dimakan dalam porsi kecil – bisa menaikkan risiko diabetes juga!

Itu analisa dari Harvard School of Public Health yang menemukan kalau makan daging merah tiap hari bisa menyebabkan naiknya risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 sebanyak 19 persen!

 

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Setelah Makan

 

#4   KONSUMSI MAKANAN YANG DIKERINGKAN

Harvard School of Public Health menyodorkan fakta memakan sedikit porsi daging yang diproses kering tiap hari (seperti makan dua lembar daging bacon atau seperti satu hotdog) bisa naikkan risiko diabetes sebanyak 51 persen.

Kok bisa?

Tingginya kadar sodium dalam daging proses-an tersebut yang jadi penyebabnya.

 

Jadi makanan apa yang aman, nih?

Tentu saja, jika ingin jauh-jauh kena penyakit diabetes, konsumsi saja gandum. Riset sudah membuktikan diet dengan rajin makan gandum atau oatmeal bisa menekan risiko terkena diabetes.

Mulai rajin makan gandum, POPle?

 

 

 

 

 

foto istimewa

(Visited 18 times, 1 visits today)