Waspada, Ciuman Bisa Tularkan Sederet Penyakit Mengerikan Ini!

0
3
Beda Tempat Ternyata Beda Pula Maknanya, Ini 5 Arti Ciuman dari Si Dia!

Menurut riset, ciuman bisa tularkan sederet penyakit berbahaya

Ada kabar buruk bagi Anda yang sering berciuman. Ternyata, aktivitas menggairahkan tersebut tak melulu menyenangkan untuk dilakukan. Menurut riset, ciuman bisa tularkan sederet penyakit mengerikan, beberapa di antaranya adalah penyakit menular seksual. Waduh!

ciuman-bisa-tularkan-1

Langsung saja, berikut 5 (lima) penyakit yang kami maksud.

Herpes

Diungkapkan WHO, herpes mungkin tak dapat disembuhkan, namun tidak juga mematikan. Masih menurut mereka, dua pertiga populasi di dunia yang usianya di bawah 50 tahun diketahui memiliki virus herpes simplex 1 (HSV-1) yang juga dikenal sebagai herpes oral. Sementara itu, satu dari enam orang di Amerika yang usianya di bawah 50 tahun juga diklaim memiliki virus herpes simplex 2 (HSV-2) atau yang juga dikenal sebagai herpes kelamin.

Idries Abdur-Rahman, M.D, mengatakan, jika Anda atau pasangan memiliki luka di area mulut, sebaiknya jangan dulu berciuman atau melakukan seks oral, sebab hal tersebut dapat menularkan virus herpes. “Solusi terbaik, cobalah konsumsi obat-obatan seperti Abreva yang mampu mengatasi virus tersebut. Atau jika ingin melakukan pencegahan, Anda juga bisa menelan obat anti-virus seperti Valtrex,” terang ahli kesehatan bersertifikat ini.

Mononukleosis menular

Ini disebut juga sebagai ‘penyakit berciuman’. Menurut Mayo Clinic, virus mono pada dasarnya memang mudah menular via berciuman. Kelelahan, sakit tenggorokan, serta bengkaknya kelenjar getah bening adalah gejala mononukleosis. Untuk mengatasinya, cobalah istirahat cukup dan minum banyak air putih.

Sifilis

Ciuman bisa tularkan sifilis. Begitu kata dokter kandungan dan kebidanan di Amerika Serikat, Antonio Pizarro, M.D. Diungkapkannya, sifilis biasanya ditandai dengan adanya luka di area mulut. Jika Anda atau pasangan kebetulan mengalaminya, sebaiknya segera kunjungi dokter agar diberikan antibiotik. FYI, ciuman bukanlah satu-satunya cara penularan sifilis. Seks oral, anal, dan vaginal masih menempati peringkat lebih tinggi.

Gingivitis

Penyakit yang bisa ditularkan melalui ciuman selanjutnya adalah gingivitis. Diutarakan Tim Pruett, D.M.D., pendiri Flossolution, ciuman tak hanya bertukar ludah, tapi juga bertukar bakteri. Jika pasangan ciuman Anda kebetulan memiliki kesehatan mulut yang buruk, potensi Anda mengalami radang gusi akan makin tinggi.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Ciuman yang Perlu Anda Tahu

Meningitis

Chris Carpenter, M.D., menuturkan, beberapa jenis meningitis disebabkan karena bakteri, sedangkan kasus lainnya juga bisa dipicu oleh virus (termasuk herpes) yang tertular via ciuman. “Saat mengalami meningitis, seseorang biasanya akan merasakan gejala seperti leher kaku, demam, dan sakit kepala,” ungkap ahli penyakit menular di Beaumont Hospital ini.

(Visited 2,526 times, 1 visits today)