Ini Penyebab Anak Muda Tiba-Tiba Pikun

0
7

Pikun diusia 50 tahun lebih itu hal yang wajar. Namun, akan menjadi tak wajar bila masalah kesehatan tersebut menerpa orang yang masih muda.

Bicara lemah ingatan, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kaum muda menjadi seorang pelupa? Untuk tahu jawabannya, simak uraiannya berikut ini!

Masalah tiroid

Kepikunan bisa disebabkan oleh masalah tiroid. Kelebihan tiroid misalnya. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah kunjungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kurang tidur

Dijelaskan sejumlah ahli kesehatan, kurang tidur dapat mengganggu sistem dan fungsi otak. Biasanya, orang yang begadang akan lupa berbagai hal (termasuk hal-hal kecil) ketika dirinya terbangun dari tidur keesokan harinya.

Penyalahgunaan narkoba dan alkohol

Apakah Anda seorang pecandu narkoba? Atau mungkin Anda peminum alkohol yang sudah dalam tahap kecanduan? Bila ya, jangan heran kalau Anda sering pikun. Kata peneliti, dua hal tersebut memiliki dampak yang sama bagi diri Anda, yakni sama-sama merusak daya ingat.

Stres

Ingin miliki ingatan yang tajam? Mudah, cobalah untuk hindari yang namanya stres dan depresi. Menurut sejumlah studi, kepikunan dapat dicegah dengan menjalani hidup yang rileks dan bahagia.

Obat-obatan tertentu

Dilansir laman Boldsky, kepikunan juga dapat dipicu oleh konsumsi obat-obatan. Diungkapkan peneliti,  ada obat-obatan tertentu yang dapat membuat pikiran melambat, di mana pada akhirnya bisa berujung pada kepikunan.

Oh ya, selain beberapa poin tadi, masih ada faktor lain yang juga dapat memicu terjadinya kepikunan. Beberapa di antaranya adalah kekurangan nutrisi serta kehamilan.

(Visited 1,144 times, 1 visits today)