Kram Saat Olahraga? Lakukan 4 Hal Ini untuk Mengatasi Rasa Sakitnya

0
2

Mengalami kram saat olahraga pasti mengganggu banget, kan, POPle? Saat berolahraga, ototmu akan berkontraksi dan melakukan relaksasi secara bergantian. Pada saat kontraksi itulah, kamu rentan mengalami kram akibat spasme (kontraksi otot di luar kehendak) yang berlebihan. Kalau kamu meraba bagian yang kram, kamu akan merasakan ototmu mengeras seperti batu. Nah, coba POPle ikuti 4 cara di bawah ini supaya nggak mati gaya saat mengalami kram di tengah sesi olahraga!

Baca juga:  Mau Berat Badanmu Ideal dan Metabolisme Meningkat? Ini Rahasianya!

1. Regangkan Otot Kakimu!

Kalau kamu berolahraga sama teman atau pasangan, cepat berbaring dan minta mereka untuk menarik telapak kakimu ke arah atas (kepala). Kalau kamu lagi apes karena sendirian, cari dinding terdekat dan berdirilah sejauh 1 meter atau lebih dari dinding. Setelah itu, condongkan badan ke arah depan untuk menempelkan kedua telapak tangan di dinding. Posisi punggung dan lutut harus lurus, ya! Selain itu, seluruh telapak kakimu juga harus menyentuh lantai.

2. Air Hangat to the Rescue

Cari pertolongan dari orang di sekitarmu untuk mengambilkan kompres hangat atau wadah berisi air hangat. Kemudian, rendam atau kompres bagian ototmu yang kram. Sensasi hangat dari air atau kompres tersebut akan melemaskan ototmu yang mengeras, POPle.

Baca juga: Belum Tau? Ini Alasan Menyanyi di Kamar Mandi Terdengar Merdu

3. Pijat, pijat, dan pijat

Minta teman, pasangan, atau orang di sekitarmu untuk memijat lembut otot yang mengalami kram. Hal itu dilakukan untuk merelaksasi otot yang tegang. Ssst… Teknik ini juga bisa dijadikan modus untuk kenalan sama cewek cantik di gym, lho!

4. Sedia Payung Sebelum Hujan!

Semakin berat olahraga yang kamu lakukan, risiko terkena kram juga semakin tinggi. Karena itu, kamu harus sedia muscle relaxant di tasmu setiap olahraga, apalagi kalau intensitas olahraganya tinggi. Guna obat ini adalah melemaskan ototmu yang tegang karena kontraksi berlebihan. Jangan lupa konsultasi ke dokter terlebih dahulu supaya kamu bisa tahu dosis yang tepat. Selain itu, sediakan minum yang cukup supaya kamu nggak dehidrasi karena dehidrasi bisa menjadi penyebab terjadinya kram.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru Paling Mainstream, yang Mana Punyamu?

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store.

(Visited 9 times, 1 visits today)