Lidah Panas Terbakar? Padamkan Dengan 3 Hal Ini!

0
2
Sumber Gambar: iStock

Beda sama yang adem-adem aja, kamu yang pesan ramen berkuah panas memang harus lebih sabar dari yang lainnya. Tunggu beberapa menit, tiup sana-sini, baru dimakan pelan-pelan. Ya, idealnya makan yang panas-panas memang harus begitu. Tapi, karena udah nggak tahan, akhirnya kamu jadi main santap dan langsung melahapnya panas panas. Awalnya sih nggak terasa apa-apa kecuali cuma panas. Tapi, makin lama kok rasanya lidah mati rasa serasa terbakar.

Lidah yang serasa terbakar karena makan makanan yang panas-panas sebenarnya bisa sembuh sendiri. Tapi, prosesnya memang lama dan kamu harus sabar dengan lidah yang kayak mati rasa. Nah, kalau mau memadamkan lidah yang terbakar, ada baiknya dicoba beberapa bahan sederhana ini.

Madu

Yang namanya madu memang dikenal sebagai bahan alami yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Nah, madu yang mengandung anti oksidan, anti jamur, dan anti inflamasi juga bisa dipakai untuk meredakan rasa terbakar pada lidah. Tinggal oles-oles sedikit, dan tunggu beberapa saat.

Yogurt

Si lembut yang mampu melancarkan pencernaan kamu ini ternyata juga mampu menyembuhkan lidah yang terbakar, loh. Yak, kandungan vitamin B5 dan anti oksidan dalam yogurt langsung memberi efek dingin pada lidah yang panas.

Pasta gigi mint

Kebetulan makan di rumah teman tapi nggak ada madu ataupun yogurt? Pinjem pasta gigi aja! Sama seperti yogurt, kandungan mint dalam pasta gigi juga memberi efek dingin yang dapat meredakan rasa terbakar pada lidah. Oles sedikit, diamkan sebentar sampai kering, dan jangan lupa kumur-kumur, ya!

So, nggak perlu panik atau menunggu lama kalau lidah kamu mati rasa karena terbakar. Langsung coba salah satu tips di atas, tunggu sampai lidah kembali normal, dan kamu pun bisa lanjut makan lagi.

(Visited 6 times, 1 visits today)