Lima Manfaat Konsumsi Sayuran Untuk Kesehatan

0
7

Tak mengonsumsi daging memang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, seberapa besarkah keuntungan melakoni gaya hidup vegetarian?

Menjadi vegetarian, yang hanya mengonsumsi sayur-sayuran dan meninggalkan daging, memang bukan perkara mudah. Meski berat, tak ada salahnya jika Anda mencoba menjalaninya untuk mendapatkan beberapa manfaat luar biasa seperti di bawah ini.

Perpanjang usia

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine menyebutkan, orang yang bergaya hidup vegetarian cenderung berusia lebih lama ketimbang mereka yang tidak. Selain itu, menjadi pemakan sayuran sejati juga punya tubuh lebih sehat secara keseluruhan.

5 Manfaat Buah Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Turunkan risiko kanker

Menjadi vegetarian punya kaitan erat dengan rendahnya risiko terkena kanker, demikian menurut studi dari Loma Linda University, California. Menurut peneliti, kandungan antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin, dan nutrisi dalam sayuran dapat meningkatkan sistem imunitas yang mampu melawan dan mencegah berbagai jenis kanker.

Baik untuk jantung

Kebiasaan makan daging berlebihan bisa memicu tingginya kolesterol dalam tubuh. Ya, hal tersebut tentu saja membuat jantung Anda tak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, para ahli kesehatan menyarankan agar Anda mengonsumsi sayur-sayuran untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Konsumsi Makanan Ini Bantu Anda Berhenti Merokok!

Menjaga berat badan

Studi yang dilakukan Oxford University menemukan bahwa kenaikan berat badan seorang vegetarian tercatat lebih rendah ketimbang pemakan daging. Peneliti mengatakan, kandungan antioksidan dan serat dalam sayuran dipercaya mampu menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal.

Seks yang lebih baik

Ini penting! Kebiasaan makan daging kerap dikaitkan dengan penurunan libido, yang pada akhirnya menyebabkan disfungsi ereksi.  Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran untuk tingkatkan hormon seksual serta kualitas sperma.

(Visited 278 times, 1 visits today)