Makan Pakai Sumpit Ampuh Turunkan Berat Badan?

0
1

Riset bilang, santap makanan pakai sumpit bisa turunkan berat badan!

 

Turunkan berat badan selalu jadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Tak hanya bagi wanita, pria pun demikian.

Menurut Dr. David Haslam, dari National Obesity Forum, sekitar 24 persen dari populasi manusia mengalami obesitas alias kelebihan berat badan. Dia juga bilang, penderita obesitas sendiri berisiko lebih besar terserang penyakit diabetes tipe-2, jantung, bahkan kanker, ketimbang mereka yang berbadan normal.

“Atas dasar itulah pemerintah di berbagai penjuru dunia giat kampanyekan gaya hidup sehat,” ujar David.

Bicara berat badan, ada fakta menarik yang semua orang patut tahu. Menurut Kimiko Barber, penulis buku The Chopsticks Diet, makan pakai sumpit pada dasarnya bisa bantu turunkan berat badan.

 

Makan pakai sumpit turunkan berat badan
Makan pakai sumpit turunkan berat badan

 

Kok bisa?

Menurutnya, perlu konsentrasi saat makan pakai sumpit, mulai dari tahap ambil hingga masukkan ke mulut. Selain itu, jumlah yang dibawa pun juga tak banyak, beda dengan sendok yang sanggup tampung makanan dalam jumlah besar.

“Perlu diketahui, makan pakai sumpit akan perlambat tempo makan. Dengan begitu, Anda pun bakal makan lebih sedikit. Dalam hal ini, otak butuh waktu sekitar 20 menit untuk tahu apakah tubuh sudah kenyang atau belum,” terangnya seperti dilansir The Telegraph.

Kalau disuapi begini, turun berat badannya, nggak ya?
Kalau disuapi begini, turun berat badannya, nggak ya?

 

Cara lain turunkan berat badan

Sebenarnya, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk turunkan berat badan. Salah satunya sebut saja dengan santap batang pisang. Jumlah konsumsi yang disarankan adalah 25 gram sehari. Jika ingin lebih drastis, 40 gram sehari. Kata periset, serat dalam batang pisang bisa perlambat pelepasan gula dan lemak yang tersimpan dalam sel tubuh.

 

Sikat 5 Buah Ini Untuk Tambah Berat Badan

 

Cara selanjutnya adalah dengan berendam air panas. Ilmuwan di Loughborough University bilang, berendam air panas pada dasarnya lebih efektif bakar kalori dan turunkan gula darah ketimbang jalan cepat.

Sedangkan yang terakhir adalah dengan menangis.

Lho?

Ya, pakar stres Dr. Pete Sulack bilang, menangis bisa bantu tubuh melepas hormon kortisol. Hormon kortisol sendiri adalah hormon stres yang bisa bikin diri panik sekaligus menahan kelebihan lemak di wilayah perut.

Intinya, dengan berkurangnya kortisol, maka bobot tubuh otomatis bakal berkurang.

 

Mau tahu cara makan pakai sumpit yang benar?

 

(Visited 839 times, 1 visits today)