Para Selebriti Yang Berjuang Melawan Penyakit Parkinson

0
19

Penyakit Parkinson merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat rusaknya sel-sel otak yang memproduksi hormon dompamin. Kekurangan hormon dopamin berakibat kepada rusaknya sensor motoris dari sang penderita sehingga sulit untuk mengontrol gerakan tubuh yang dia miliki.

Rupanya penyakit ini juga menyerang beberapa selebriti yang terkenal karena perjuangan mereka melawan penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa nama selebriti yang diketahui mengidap penyakit parkinson.

Muhammad Ali

penyakit parkinson

Pada masa kejayaannya, Muhammad Ali dikenal sebagai seorang petinju yang sangat atraktif di dalam ring yang sering mengintimidasi lawannya. Bahkan muncul sebuah jargon untuk gaya bertarungnya, dance like butterfly, sting like a bee.

Tetapi, pada tahun 1984, Ali mengalami gangguan motorik yang diketahui sebagai gejala dari penyakit Parkinson. Hal ini disebabkan karena trauma yang dialaminya selama menjadi atlet tinju profesional.

Hingga akhir hayatnya di tahun 2016, Ali mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit Parkinson dan mendirikan Muhammad Ali Parkinson Center

Michael J. Fox

Mulai dikenal setelah menjadi pemeran utama dalam sitkom Family Ties, Fox kemudian lebih dikenal sebagai Marty McFly dalam trilogi Back to The Future. Di tengah puncak kesuksesannya, Fox mengalami gejala penyakit parkinson di tahun 1991 dan membuat karirnya meredup.

Walaupun tidak setenar ketika di masa jayanya, Fox masih bisa mendapatkan peran utama dengan penyakit yang dieritanya ini. Beberapa sitkom yang dia bintangi diantaranya Spin City dan menjadi voice actor untuk film Stuart Little.

Saat ini Fox juga gencar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai parkinson. Selain itu dia juga mendirikan Michael J. Fox Foundation dalam upayanya menciptakan obat untuk menyenbuhkan penyakit ini.

Pat Torpey

Nama Pat Torpey mulai dikenala ketika menjadi drummer untuk band rock, Mr Big. Kemampuannya dalam bermain drum cukup diakui dalam dunia musik internasional terutama karena keunikan hentakan drum yang dia miliki.

Sejak tahun 2014, dia divonis menderita Parkinson tetapi hal ini tidak menghentikan kegiatannya dalam bermusik. Bahkan masih terlibat dalam album terakhir Mr Big sebagai drum producer.

Sayangnya, Pat meninggal dunia pada bulan Februari 2018 karena komplikasi penyakit yang dia derita. Banyak musisi merasa sedih karena kehilangan salah satu sahabat mereka termasuk diantaranya Richie Kotzen dan para personil dari Mr Big yang tersisa.

Baca Juga : Adaptasi Manga Back To The Future Siap Terbit April Nanti!

(Visited 196 times, 1 visits today)