Hah, Ternyata Ini Rahasia Kenapa Rata-Rata Orang Jepang Berumur Panjang!

0
1

Apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana orang Jepang bisa hidup sehat dan berumur panjang? Ternyata kebiasaan mereka sehari-hari jawabannya..

 

Memang sudah menjadi rahasia umum kalau warga Jepang mayoritas berumur panjang. Semasa hidup, mereka juga diketahui hampir selalu berada dalam kondisi sehat. Sampai saat ini mungkin masih banyak yang belum tahu alasannya. Namun sejumlah ahli menyatakan, orang Jepang memiliki kesehatan yang prima dan umur panjang karena kebiasaannya sehari-hari.

Untuk itu kami akan membagikan rahasia hidup sehat ala penduduk Jepang menurut beberapa kebiasaan hidupnya seperti dilansir dari Health..

1. Diet makanan laut

Makanan asal Jepang seperti Sushi dan Shasimi, menunjukkan orang Jepang memang terkenal sangat suka makanan laut. Menurut Dinas Perikanan Laut Nasional, konsumsi makanan laut Jepang adalah 55,7 kilogram per kapita pada tahun. Faktanya dengan memakan ikan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen. Lebih mencengangkan lagi, mereka hidup rata-rata 2 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang jarang konsumsi ikan.

2. Gemar karaoke

Para wisatawan mungkin terkejut dengan betapa lazimnya karaoke di Jepang, karena ada di mana-mana. Nah, bagi kamu yang suka karaokean dengan teman atau pacar ada kabar bagus, dalam sebuah penelitian di tahun 2009 terhadap hampir 20.000 pria, periset dari Sekolah Pascasarjana Universitas Ehime dan Universitas Osaka menemukan bahwa minum sambil karaoke bersama teman meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Berencana Punya Anak? Perhatikan 5 Fakta Tentang Kesuburan Ini!

3. Minum teh hijau

Upacara minum teh adalah ritual yang sangat bergaya di Jepang. Tradisi yang dipelajari selama bertahun-tahun oleh para praktisi. Kebanyakan teh yang dikonsumsi di Jepang berwarna hijau. Sebenarnya, tanpa kualifikasi, kata “teh” dalam bahasa Jepang secara otomatis berarti hijau. Teh hijau tidak hanya lezat tapi juga sangat bermanfaat. Studi telah menghubungkan minum teh hijau untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Makan dengan Porsi Kecil

Pernah lihat kan kalau orang Jepang lagi makan, misalnya di film-film. Mereka biasa makan dengan memakai mangkuk kecil. Nah, dengan memakai mangkuk kecil maka orang Jepang bisa mengontrol diri mereka, jadi asupan makanan yang masuk selalu bisa baik bagi tubuh. Dengan kebiasaan semacam ini, kita akan terbiasa menakar makanan sesuai dengan porsi dan kebutuhan kita.

Dari 5 Tipe Jam Tangan Ini Mana Paling Cocok di Tangan?

5. Mandi air hangat

Sekitar 85 persen orang Jepang mengakhiri hari mereka setelah bekerja di bak mandi atau onsen (pemandian umum), dan sekitar 128 juta bak mandi tersebar di pemandian umum negara itu. Pada awal abad ke-17, teks medis Jepang menggembar-gemborkan rendam panas sebagai cara untuk menangkal penyakit. Ilmuwan Jepang mengkonfirmasi bahwa mandi di air mineral dapat mengobati rematik, gangguan kulit dan neuralgia.

(Visited 86 times, 1 visits today)