Sering Pakai Sabun Antiseptik? Eits, Kenali Dulu Risikonya

0
0
Sumber Gambar: manshealth.com.sg

Nggak jauh berbeda dengan suasana hati kamu, belakangan ini cuaca juga lagi nggak jelas banget. Hari ini hujan terus-menerus dan membuat kamu malas mandi, besoknya bisa panas banget sampai kamu mandi berkali-kali. Tujuannya nggak ada lain kecuali pengen tetap merasa segar di tengah panas yang lagi terik. Walau tujuannya bagus, ternyata terlalu sering mandi juga nggak baik untuk kesehatan kulit, loh. Apalagi kalau kamu menggunakan sabun antiseptik.

Efek keseringan mandi pakai antiseptik ini sudah diteliti sama Food and Drug Administration (FDA). Soalnya, kandungan bahan yang terdapat di dalam sabun antiseptik bisa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, bakteri baik yang justru dibutuhkan kulit untuk melindungi kulit juga ikut terbunuh. Akibatnya, kamu malah mudah terserang penyakit kulit dari virus, jamur, dan berbagai parasit yang bertebaran di luar sana.

Sumber Gambar: Tenor GIF Keyboard

Walau ada risiko keseringan pakai antiseptik, bukan berarti kamu nggak boleh pakai bahan yang satu ini. Kalau pakainya diatur dan nggak terlalu sering sebenarnya juga bagus buat kesehatan kulit. Yang pasti, apa-apa kalau sudah keseringan atau terlalu, pasti ada efek nggak baiknya. Hal yang biasanya bagus kalau keseringan malah jadi nggak bagus.

So, daripada kamu berakhir terjangkit berbagai penyakit kulit, lebih baik nggak usah terlalu sering mandi, ya. Mandi secukupnya aja karena tubuh juga membutuhkan bakteri baik untuk melindungi kulit. Nah, kalau memang udaranya panas, coba nyalakan pendingin ruangan seperti air conditioner atau kipas angin, ya. Jangan lupa matikan lampu dan buka pintu supaya angin yang berhembus dari luar bisa masuk ke dalam. Oke?

(Visited 12 times, 1 visits today)