Ini Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur! Apa Saja Manfaatnya?

0
42
mematikan lampu

Kebanyakan dari Anda mungkin akan kesulitan tidur pada malam hari jika lampu kamar dalam keadaan menyala. Ini Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur! Apa Saja Manfaatnya?

Tidur dengan lampu menyala, atau cahaya dari televisi yang tidak sempat dimatikan berefek negatif terhadap tubuh. Di antaranya berisiko gangguan tidur dan gangguan kesehatan lainnya seperti depresi, atau kanker.

Saat menutup mata cahaya dari lampu kamar Anda akan tetap menembus kelopak
mata Anda walaupun mata Anda sudah dalam keadaan tertutup. Disamping itu, lampu yang menyala akan membuat suhu ruang kamar Anda terasa lebih panas dibandingkansaat Anda memadamkan lampu kamar.

Nah, setelah diadakan penelitian lebih jauh, ternyata banyak manfaat
kesehatan yang dapat Anda rasakan jika tidur dalam keadaan gelap pada malam hari.

Berikut adalah manfaat kesehatan bila Anda tidur dalam keadaan gelap atau mematikan lampu:

1. Hormon Melatonin

Beberapa ahli biologi seperti Joan Robert mengemukakan bahwa saat
Anda tidur dalam keadaan lampu yang mati, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Tetapi saat Anda menyalakan lampu saat akan tidur pada malam hari, maka tubuh tidak akan memproduksi hormone melatonin. Kerena itu disarankan untuk Anda mematikan lampu pada malam hari saat akan tidur.

2. Cepat Terlelap

Mematikan lampu saat malam hari juga akan membuat Anda lebih cepat terlelap, sehingga secara tidak langsung akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari. Ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk Anda agar tidak mudah letih dan lesu.

3. Mengurangi Lemak

Manfaat lain dari mematikan lampu saat tidur ternyata dapat mengurangi lemak tubuh dan menghindarkan Anda dari risiko obesitas (kegemukan).

Ternyata, 5 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Didapatkan Saat Tidur Tanpa Celana Dalam!

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Tidur lelap dalam gelap juga dapat meningkatkan kinerja otak dan secara tidak langsung mengurangi pikun saat Anda memasuk usia lanjut. Selain itu, dapat menghilangkan stress karena akan merelaksasikan pikiran Anda saat berada dalam ruangan yang gelap.

5. Mengurangi Risiko Global Warning

Disamping bermanfaat untuk tubuh, mematikan lampu pada malam hari juga membantu mengurangi risiko terjadinya global warning. Penggunaan energi listrik saat malam hari lebih besar dampaknya terhadap global warning, selain itu mematikan  lampu pada malam hari juga akan menghemat biaya listrik Anda.

(Visited 30,319 times, 1 visits today)