Lagi Jet Lag? Tenang, Atasi dengan Cara Berikut Ini!

0
4
lagi jet lag

Perjalanan panjang menggunakan pesawat terkadang membuat seseorang mengalami jet lag. Lagi Jet Lag? Tenang, Atasi dengan Cara Berikut Ini!

Tak semua orang yang memiliki hobi traveling memiliki ketahanan tubuh yang baik saat melintas menembus awan melawan zona waktu yang berbeda saat naik pesawat menuju ke suatu tempat baru. Kebanyakan orang akan merasakan kelelahan, insomnia, mual, pusing, otot terasa sakit, dan gejala lainnya ketika mengalami jet lag.

Perjalanan panjang menggunakan pesawat terkadang membuat seseorang mengalami jet lag  atau penat dan  sulit tidur terutama karena terganggunya ritme tubuh. Lantas apa yang bisa dilakukan kala jet lag melanda?

1. Jangan Langsung Tidur Ketika Sampai di Tujuan

Langsung tidur di hotel justru memperburuk jet lag. Cara efektif untuk cepat menghilangkan efek jet lag justru dengan terjun langsung ke aktivitas sehari-hari di tempat tujuan kamu. Dengan melakukan aktivitas ini, kamu akan terbiasa dengan suasana di tempat tujuan kamu.

5 Cara Hilangkan Rasa Bosan Saat Pesawat Delay!

2. Hindari Kafein dan Alkohol

Saat lelah sebagian orang bergegas menuju kedai kopi terdekat, menyeruput kopi kesayangan mereka. Namun, kala jet leg melanda sementara waktu sebaiknya jangan lakukan hal ini. Zat yang terkandung dalam kopi dan alkohol bisa membuat dehidrasi kamu dan berujung menyebabkan jet lag menjadi lebih buruk.

3. Batasi Paparan Cahaya

Cara ini mungkin cara paling efektif mengatasi kelelahan kamu. Jet lag terjadi saat ritme sirkadian kamu keluar jalur sehingga, membuat Anda merasa lelah. Memanipulasi paparan cahaya dapat membantu mengatur ulang ritme ini. Batasi jumlah paparan cahaya buatan (lampu), misalnya dengan memakai kacamata hitam.

4. Hidrasi Tubuh

Penerbangan panjang bisa membuat kamu kaku, lelah dan sangat dehidrasi. Minumlah banyak air sebelum, selama dan sesudah perjalanan kamu untuk mengurangi gejala jet lag.

5. Lakukan Peregangan Ringan

Bepergian dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan stres dan bisa membuat efek jet lagsemakin parah. Mengikuti sesi yoga dapat membantu kamu lebih rileks. Atau kamu dapat melakukan gerakan-gerakan ringan.

Mau Tidur Pulas di Dalam Pesawat? Hindari 5 Hal Ini!

6. Minum Jus

Asupan nutrisi akan membantu menyegarkan dan melembabkan kembali tubuh kamu, sekaligus memberi sistem kekebalan pada tubuh. Jet lag pun teratasi.

(Visited 36 times, 1 visits today)