Sedang Sedih? Lahap 7 Makanan Ini yang Bisa Bikin Kamu Bahagia Lagi!

0
1
Sedang Sedih? Lahap 7 Makanan Ini yang Bisa Bikin Kamu Bahagia Lagi!

Ketika hati sedang sedih, nyatanya ada makanan yang secara sains terbukti untuk memberikan efek semangat dan bahagia. Hmm, apa ya?

 

Kesenangan dan kebahagiaan itu hasil dari kerja otak. Nah, otak manusia ini punya sekitar seratus miliar neuron atau sel saraf. Masing-masing berkomunikasi satu sama lain melalui neurotransmiter.

Neurotransmitter bertanggung jawab bikin kita termotivasi, sebab itu adalah dopamin yang memberi kesempatan untuk fokus atau dorongan.

Peneliti menyebut dopamin itu sebagai “molekul motivasi”. Bila kadar dopamin tinggi, kita bisa merencanakan dan melakukan tujuan di setiap aspek kehidupan, baik itu pekerjaan atau kehidupan cinta. Nah, berikut delapan fakta soal dopamin dan makanan yang ada dopamin-nya.

Fakta 1

Tirosin jadi unsur utama yang membentuk dopamin. Kandungan tirosin dapat ditemukan di makanan seperti biji labu, melon, kacang hijau, apel dan pisang.

Fakta 2

Untuk meningkatkan produksi dopamin di tubuh, cobalah masukkan makanan seperti coklat, alpukat, kunyit, dan sayuran hijau dalam makanan.

Fakta 3

Dopamin membantu untuk menikmati euforia. Kurangnya dopamin bisa membuat merasa lesu dan juga depresi.

Ini 5 Alasan Kenapa Surat Cinta Bisa Jadi Trik Ampuh Luluhkan Hati Gebetan!

Fakta 4

Bagaimana bisa tahu kekurangan dopamin? Gejalanya antara lain kurangnya fokus, putus asa, libido rendah, kurang motivasi, susah tidur, kelelahan, dan malas. Terkadang kita tak ingin makan jika kekurangan dopamin.

Fakta 5

Selain itu, beberapa orang yang kekurangan dopamin juga coba narkoba, judi dan bahkan minum-minum untuk merasa baik. Tapi kecanduan itu sangat merusak. Dengan kecanduan zat-zat itu, yang ingin mereka lakukan hanyalah meningkatkan kadar dopamin.

Fakta 6

Kurcumin ada dalam kunyit. Ramuan dari kunyit bisa mendongkrak dopamin secara alami. Gunakan bubuk kunyit dalam makanan yang akan diasup tubuh.

Waspadai, Efek Sering Tidur Larut Saat Akhir Pekan

Fakta 7

Teh hijau dapat meningkatkan kadar dopamin. Hal itu bisa meningkatkan mood diri. Dua cangkir teh hijau setiap hari bisa jadi solusi tingkatkan dopamin.

(Visited 7 times, 1 visits today)