Langkah Sederhana Untuk Meningkatkan Harga Diri

0
2
harga diri

Semua orang berjuang dengan mempercayai kemampuannya. Ketika sampai pada harga diri, hanya pendapat Anda sendiri yang benar-benar penting.

Bagaimana Anda melihat diri sendiri memiliki dampak yang sangat besar ketika seluruh dunia melihat Anda. Keyakinan otentik tentang sejatinya Anda adalah penting dan utama. Apa yang Anda temukan adalah hubungan langsung antara jumlah kepercayaan diri yang dimiliki dan kebahagiaan.

Sederhananya, semakin Anda mencintai diri sendiri, semakin Anda percaya diri. Semakin Anda percaya pada diri sendiri, semakin sedikit Anda membutuhkan validasi atau persetujuan dari orang lain. Apa kisah yang Anda ceritakan pada diri sendiri? Karena kita cenderung menjadi kritik diri sendiri yang paling keras. Harga diri adalah sebagai opini realistis dan apresiatif terhadap diri sendiri.

Hapus hal buruk

Percaya pada diri sendiri dimulai dengan menghilangkan kepercayaan, situasi dan pola pikir yang buruk tentang Anda. Ini berarti berfokus pada apa yang Anda inginkan dan membawa Anda ke hal baik untuk masa depan.

Fokus pada yang positif

Berfokuslah pada hal positif dan memilih pikiran positif. Ketika rasa tidak aman mulai menganggu, Anda akan lihat dari mana asalnya. Mengampuni diri sendiri dan melihat hikmah serta pelajaran yang dapat dipetik dari setiap situasi di masa lalu. Menjadi positif juga berarti berbelas kasih kepada diri sendiri dan orang lain.

Menjaga diri

Rute tercepat untuk merasa baik tentang Anda adalah dengan tetap menjaga diri sendiri. Dengarkan tubuh Anda ketika diberi tahu untuk tidur, makan, berolahraga, dan rileks. Biarkan suara hati merefleksikan setiap tindakan yang Anda lakukan. Harga diri yang rendah dapat menyebabkan pengabaian terhadap kesehatan fisik. Pertimbangkan segala dampak negatif pada kehidupan Anda yang penuh tekanan, dan temukan cara untuk bisa lebih bersantai. Atasi masalah apa pun yang Anda miliki dapat menjadi efek yang signifikan pada harga diri Anda.

harga diri

Dengarkan isi hati

Seringkali kita bergumul dengan suatu keputusan karena tidak mendengarkan isi hati. Keraguan biasanya disebabkan oleh kurangnya mendengarkan suara hati Anda sendiri. Ketika Anda menjadi jelas tentang nilai-nilai diri sendiri, kepercayaan diri pun akan ada secara alami.

Sadarilah

Anda tidak dapat mengubah sesuatu jika tidak menyadari bahwa memang ada yang perlu diubah. Tanpa kesadaran ini, Anda dapat dengan mudah jatuh ke dalam perangkap untuk mempercayainya dan membatasi diri.

Mengubah jalan cerita

Kita semua memiliki narasi atau cerita yang telah kita buat tentang diri sendiri, yang membentuk persepsi diri, dan juga menjadi dasar citra diri. Jika Anda ingin mengubah cerita itu, Anda harus memahami dari mana asalnya dan dari mana Anda menerima kata-kata yang diceritakan kepada diri sendiri.

Ciri-Ciri Kepribadian Seseorang Dengan Kualitas Diri yang Paling Baik

Jangan membandingkan

Dua hal utama yang harus ditekankan adalah menerima dan berhenti membandingkan dengan orang lain. Harga diri yang rendah dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda secara negatif yang mengarah pada kegelisahan dan stres, serta area lain dalam hidup seperti pekerjaan, hubungan dengan orang lain, juga kesehatan fisik.

Kenali diri

Kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan. Kualitas tidak menentukan nilai inti. Kenali apa kekuatan Anda dan perasaan percaya diri yang ditimbulkannya, terutama pada saat ragu. ketika Anda mengacau atau gagal pada sesuatu, ingatkan diri sendiri tentang perspektif diri yang lebih realistis. Mintalah orang terdekat untuk menunjukkannya kepada Anda. Terkadang memang lebih mudah bagi orang lain untuk melihat yang terbaik dalam diri Anda daripada melihatnya sendiri.

Memaafkan dan mengampuni

Apakah ada seseorang dalam hidup yang belum Anda maafkan? Mantan pasangan? Anggota keluarga? Atau malah diri sendiri? Dengan berpegang pada perasaan sakit atau dendam, Anda membuat diri sendiri terjebak dalam siklus negatif. Jika Anda tidak dapat memaafkan diri sendiri, rasa malu akan membuat Anda tetap berada dalam lingkaran yang sama. Jika Anda telah melukai atau menyakiti seseorang, secara sadar atau tidak, Anda harus meminta maaf. Jika ada yang melukai atau menyakiti Anda, secara sadar atau tidak, Anda perlu memaafkan mereka. Tapi ketika Anda telah melukai diri sendiri, baik secara sadar atau tidak, segera maafkan dan ampuni diri Anda sendiri.

Membiasakan Diri Untuk Belajar Tetap Positif Dalam Situasi yang Negatif

Bagaimana Anda bisa menghargai dan memandang kemampuan diri sendiri, sangat terkait dengan pengaruh di masa kecil. Stimulasi kognitif dan lingkungan rumah di masa kanak-kanak, terutama dalam enam tahun pertama kehidupan, memiliki dampak jangka panjang pada harga diri. Langkah pertama untuk mencapai harga diri sebagai orang dewasa adalah dengan menantang keyakinan negatif yang Anda miliki tentang diri sendiri.

Tantang diri sendiri karena dengan hanya menjaga zona nyaman dapat menjadi bumerang dalam jangka panjang. Jangan menghindari hal-hal tertentu menjadi sebuah tantangan, tapi coba untuk hadapi dan lakukan. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain karena tidak mungkin untuk mendapatkan pandangan yang akurat tentang orang lain.

Kita semua dilahirkan dengan potensi yang tidak terbatas dan nilai yang sama sebagai manusia. Dengan kerja keras dan percaya dengan diri sendiri, maka pikiran serta keyakinan yang salah dan merusak Anda pun dapat segera dilupakan.

(Visited 432 times, 1 visits today)