Manjakan Pengguna Sepeda, China Hadirkan Jalan Layang Bagi Pesepeda…

0
3
jalan layang

Penyetaraan hak pengguna jalan sepertinya sudah dapat dirasakan di kota Xiamen, China. Manjakan Pengguna Sepeda, China Hadirkan Jalan Layang Bagi Pesepeda…

Penyetaraan hak pengguna jalan sepertinya sudah dapat dirasakan di kota Xiamen, China. Bagaimana tidak, selain kendaraan roda empat dan roda dua serta pejalan kaki yang memiliki jalan khusus, kini pesepeda juga di buatkan jalur khusus.

Tidak seperti pada umumnya yang hanya mendapat tempat di bagian pinggir jalan raya, namun jalur pesepeda di China ini memakai jalan layang atau fly over. Selain unik, jalan layang sepeda yang baru saja di selesaikan ini dan mulai dipergunakan juga mendapar predikat jalan sepeda terpanjang di dunia.

Jalan layang ini memiliki 4 lajur dengan lebar 4,8 meter dan panjang 7,6 kilometer, dilengkapi 11 pintu yang menghubungkan ke enam hubtransportasi umum. Selain itu, salah satu fasilitas yang dimiliki jalan layang ini juga yakni penyewaan sepeda sebanyak 355 buah dan memiliki 253 ruang parkir untuk sepeda pribadi di tujuh platform.

4 Tips Aman Bersepeda di Malam Hari

Jalur ini juga memiliki pagar setinggi 1,3 meter dan 30.000 lampu untuk menerangi jalan pada malam hari serta teknologi pemantauan multi-sensor dan gerbang yang akan menutup otomatis jika jalan sepeda terlalu ramai.

Dikutip dari Lonelyplanet, jalur sepeda layang tersebut mencakup lima daerah pemukiman utama di Xiamen dan tiga pusat bisnis. Ini memberikan akses mudah bagi komuter ke transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan gedung-gedung publik sepanjang rute 7,6 kilometer.

Meski kawasan pulau ini tidak begitu terkenal di luar China, namun lokasi ini sangat populer bagi wisatawan lokal, yang kerap mengunjungi Kuil Buddha Selatan Putuo dan Pulau Gulang Yu, yang terkenal dengan arsitektur kolonial, pantai, dan jalur jalan berkelok-kelok.

(Visited 152 times, 1 visits today)