Membuat Keputusan Besar Terasa Sangat Sulit, Lalu Solusinya?

0
5
keputusan

Mengapa keputusan hidup yang besar dan memiliki konsekuensi terasa sangat berat? Padahal seharusnya sesuatu yang menyenangkan harus dilakukan dan dinikmati.

keputusan

Seperti misalnya, memiliki anak, menikah dengan orang tertentu, dan mengejar karier yang jelas merupakan hal-hal yang memang menjadi sebuah keputusan penting. Terkadang, orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan yang bermakna, hampir tidak bisa fokus untuk mengatur hari-hari mereka dengan baik dan terencana.

Jika tidak ada satu pun pilihan yang jelas atau jika kamu tidak memiliki kepastian maka keputusan kamu sebenarnya tidak terlalu penting. Ada yang mengatakan bahwa hard decisions should be easy” atau “semakin ada dua alternatif yang sama menariknya, semakin sulit untuk memilih diantaranya”.

Langkah Untuk Menikmati Hidup Selagi Masih Muda

Terlalu banyak berpikir pun akan sia-sia. Mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana dapat memilih pekerjaan, pasangan hidup, atau tempat tinggal yang jelas, padahal diri kamu sendiri pun sebenarnya tidak tahu. Proses pengambilan keputusan yang penuh pemikiran atau beresiko ini mungkin akan membuat kamu merasa perlu menimbang tentang pro dan kontra yang ada.

Ingatlah bahwa proses yang sering kita sebut “memutuskan” seringkali tidak seperti itu. Kita dapat berdebat tentang akar psikologis dari keinginan itu, tapi bagaimanapun juga, dalam beberapa hal, kamu tetap harus melakukannya atau menentukan pilihan.

Mau Tahu Apa Saja Tanda-Tanda Si Dia Ternyata yang Pegang Kendali Hubungan?

Ketika kamu baru saja memulai sesi pekerjaan yang menantang, kamu perlu memberi dorongan pada diri sendiri, mengingatkan diri kamu sendiri bahwa tidak perlu merasa seperti sedang memulai. Jika kamu mengatakan kepada diri sendiri bahwa kamu tidak bisa melakukannya malah hanya akan memperburuk keadaan saja.

Penting atau tidaknya segala macam keputusan adalah karena terlalu banyak ketidakpastian untuk menentukan opsi mana yang harus dipilih. Jalani apa yang memang sudah menjadi prioritas. Utamakan terlebih dahulu apa yang memang akan menjadi sebuah kebutuhan bukan hanya sekedar keinginan sendiri saja.

(Visited 122 times, 1 visits today)