Mengandung Malware ‘Joker’, Segera Delete Sederet Aplikasi Ini!

0
2
Mengandung Malware

Ponsel Android dikabarkan kembali diserang oleh malware yang dijuluki ‘Joker’. Mengandung Malware ‘Joker’, Segera Delete Sederet Aplikasi Ini!

Malware tersebut dirancang untuk secara diam-diam mendaftar pengguna untuk layanan berlangganan yang kemungkinan akan dikenakan biaya selama beberapa bulan. Namun pengguna tidak sadar bahwa mereka berlangganan.

Dilansir dari laman Digital Trends, peneliti cybersecurity Aleksejs, Kuprins mengatakan malware telah menargetkan negara tertentu, termasuk Australia, Austria, Belgia, Brasil, China, Siprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia, Myanmar, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Qatar, Republik Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Nokia Memimpin Ranking Dunia dalam Update Perangkat Lunak dan Keamanan Handphone

Mayoritas aplikasi yang dimaksud menargetkan secara khusus negara-negara Eropa dan Asia dan mengharuskan pengguna untuk menggunakan kartu SIM dari wilayah tersebut agar malware dapat dieksekusi.

Kabarnya, ada total 24 aplikasi yang terinfeksi malware. Aplikasi-aplikasi itu diinstal kira-kira 472.000 kali. Aplikasi-aplikasi tersebut mulai hadir di Play Store pada Juni 2019, meskipun beberapa mungkin juga sudah ada lebih lama.

Berikut daftar aplikasi yang terinfeksi dengan malware Joker:

1.Advocate Wallpaper

2.Age Face

3.Altar Message

4.Antivirus Security – Security Scan

5.Beach Camera

6.Board picture editing

7.Certain Wallpaper

8.Climate SMS

9.Collate Face Scanner

10.Cute Camera

11.Dazzle Wallpaper

12.Declare Message

13.Display Camera

14.Great VPN

15.Humour Camera

16.Ignite Clean

17.Leaf Face Scanner

18.Mini Camera

19.Print Plant scan

20.Rapid Face Scanner

21.Reward Clean

22.Ruddy SMS

23.Soby Camera

24.Spark Wallpaper

(Visited 888 times, 1 visits today)