Seberapa Sering Sebaiknya Menimbang Badan Menurut Sains?

0
1
Seberapa Sering Sebaiknya Menimbang Badan Menurut Sains?

Sangat bisa dipahami bila seseorang penasaran mengenai berapa berat badannya sekarang. Namun pertanyaannya, kapankah waktu terbaik dan berapa kali idealnya harus menimbang berat badan?

 

Lantaran ‘takut’ menghadapi timbangan, banyak orang enggan menimbang badan dalam jangka waktu tertentu. Namun, perlukan menimbang badan setiap hari? Atau seberapa sering baiknya Anda menimbang badan?

Seperti yang dilansir dari Readers Digest, guna mengetahui seberapa sering seseorang harus menimbang badan, Cornell University pun melakukan penelitian selama dua tahun lamanya.

Para peneliti melakukan riset kepada pria dan wanita yang  sedang melakukan program diet dengan metode yang dipilihnya sendiri. Kemudian di tahun ke-dua, mereka diminta untuk mengelola ‘tubuh barunya’ supaya tetap sesuai bentuk yang diinginkan.

Para responden diamati perubahan berat badan dan diminta menimbang badan setiap harinya. Dan berdasarkan grafik penimbangan badan, hasilnya memperlihatkan kalau ternyata pria lebih mampu mengelola bentuk dan berat badan dibanding wanita.

5 Fakta dari Turbulensi Pesawat yang Perlu Diketahui…

Melalui penelitian ini juga diketahui kalau proses menimbang badan setiap hari ternyata memberi pengaruh baik untuk membantu menjaga berat badan. Namun seperti pisau bermata dua, menimbang tubuh setiap hari dalam beberapa sisi juga dianggap tak sepenuhnya tepat.

Seperti Prevention orang-orang tertentu, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan obsesi terhadap tubuh yang lebih kurus. Para pelaku diet akan terobsesi dengan angka timbangan yang lebih rendah setiap harinya.

Agar Tak Terjebak, Kenali 5 Tanda Pasangan Matre yang Tersembunyi Ini!

Tak hanya, menimbang tubuh setiap hari juga berpotensi menyebabkan orang jadi bingung karena bobot tubuhnya yang kerap berubah naik-turun tiap hari. Untuk hasil yang lebih akurat, timbang badan pada jam yang sama. Sebisa mungkin timbang badan pada pagi hari.

(Visited 81 times, 1 visits today)