Asyik! Ini Urutan Akurat Nonton Semua Film Marvel Cinematic Universe alias MCU (Part 3)

0
92

Semua film Iron Man, Thor, Captain America termasuk Black Panther, Ant-Man, Hulk hingga Doctor Strange punya garis waktu yang berurutan. Jadi mulai nonton film Marvel yang mana?

 

Pastinya agar urutan waktu dalam skrip masing-masing film tak bertabrakan satu sama lain, Marvel Studios membagi kemunculan para superhero-nya dalam tiga fase, Phase One, Phase Two dan Phase Three.

Semua fase disebut sebagai Marvel Cinematic Universe alias MCU karena semua film yang ada dalam fase-fase ini bisa punya plot yang sangat jauh berbeda dengan plot masing-masing komiknya yang notabene sudah duluan terbit dan sudah punya puluhan (atau ratusan) plot cerita.

Ini yang bagi sebagian besar dan sebagian kecil penggila komik-komik Marvel kerap kesal, marah dan protes karena plot film berbeda jauh.

Tapi hei, seperti yang tadi sudah dibilang, ini adalah MCU.

Baik Iron Man (2008), The Incredible Hulk (2008), Iron Man 2 (2010), Thor (2011), Captain America: The First Avenger (2011), dan Marvel’s The Avengers (2012) adalah film-film Marvel yang masuk Phase 1 alias Fase 1 dari MCU.

Fase 2 MCU?

Ini dia…

 

FASE 3 – MCU

 

#1   CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR (rilis: Mei 2016)

Disini kekecewaan para penikmat komiknya memuncak. Civil War aslinya adalah kisah crossover yang terdiri dari tujuh edisi komik terbatas. Terpecahnya Avengers karena Superhero Registration Act seharusnya ada X-Men dan Mister Fantastic Four dari Fantastic Four juga plus tentu saja ada Thor dan Hulk!

Selain itu plot komiknya lebih seru: para penjahat super memburu para superhero! Sayangnya dua tim yang terbelah hanya punya enam personil dan total hanya 12 superhero yang bertarung. Duh…

 

#2   DOCTOR STRANGE (November 2016)

Jadi salah satu karakter super Marvel yang unik, apalagi kalau bukan kekuatan supernya yang didapat dari dunia mistis. Doctor Strange pun jadi salah satu superhero ‘lini kedua’ yang nggak pasaran disukai banyak orang persis Ant-Man dan Guardians of the Galaxy. Benedict Cumberbatch pun sampai memborong semua komiknya demi menyelami peran sebagai dokter arogan yang kecelakaan dan jadi manusia super ini!

 

Asyik! Ini Urutan Akurat Nonton Film-Film Marvel Cinematic Universe alias MCU

 

#3   GUARDIANS OF THE GALAXY Vol.2 (Mei 2017)

Kehebatan geng Star-Lord alias Peter Quill berlanjut ke volume 2-nya ini yang terasa jadi lebih komikal dan tentu makin konyol. Tensi dan sensasinya memang beda dengan film pertama yang terasa brilyan dan hangat. Volume keduanya ini terasa lebih bombastis tapi tragis.

 

#4   SPIDER-MAN: HOMECOMING (Juli 2017)

Akhirnya Spidey nongol lagi setelah dwilogi Amazing Spider-Man-nya Andrew Garfield. Sebenarnya versi Garfield nggak gagal amat, tapi sekuelnya memang terasa berantakan dan kebanyakan muatan. Serunya, Spidey versi Tom Holland ini jatuhnya jadi lebih ‘alay’… Eh, tapi sukses besar, euy!

 

#5   THOR: RAGNAROK (November 2017)

Setelah tampil gelap banget di film keduanya, Thor tampil lebih segar dan konyol. Tapi entah kenapa jadi kelihatan ‘janggal’, mengingat kekonyolan Thor kok jadi rada mirip witty-nya Iron Man dan Deadpool, ya? Dan ya, sebagian penggemar komiknya pun mengernyitkan dahi: bukannya Thor adalah Dewa Petir yang gagah dan berwibawa, ya?

 

Keren! 5 Film Fantasi Steven Spielberg Ini Keren Selain Ready Player One

 

#6   BLACK PANTHER (Februari 2018)

Sosoknya memang mencuri perhatian banget di Captain America: Civil War. Dari situ kemunculannya ditunggu dan akhirnya… Duarrr! Filmnya meledak gila-gilaan. Padahal sebelum-sebelumnya karakter manusia super kulit berwarna sulit sekali berhasil di deretan box office.

 

#7   AVENGERS: INFINITY WAR (April 2018)

Akhirnya semua sosok superhero Marvel kembali disatukan, dengan tambahan geng Guardians of the Galaxy dan Doctor Strange. Infinity War pun ditaruh sebagai gong akhir dari semuanya. Jika Civil War bikin kecewa tempo hari, harusnya film ini menebusnya dengan maksimal!

 

Spoiler Alert! Kenapa Black Panther Beda Banget dari Film-Film Marvel Cinematic Universe Lain

 

#8   ANT-MAN AND THE WASP  (Juli 2018)

Jika difilm pertamanya Scott Lang tampil sendirian, sekuelnya ini bisa jadi lebih meriah karena kehadiran Ant-Man versi cewek alias The Wasp!

 

#9   CAPTAIN MARVEL   (Maret 2019)

Jika DC sudah berhasil dengan sosok superhero cewek, Wonder Woman, Marvel memunculkan jagoan superhero ceweknya ini. Sederet tanda tanya pun melingkupi sosoknya tapi kemunculannya di Avengers: Infinity War bakal kasih clue penting, nih!

 

Asyik! Ini Urutan Akurat Nonton Film-Film Marvel Cinematic Universe alias MCU (Part 2)

 

#10   UNTITLED AVENGERS FILM  (Mei 2019)

Setelah diputuskan Infinity War batal dibagi jadi dua film, Avengers bakal muncul lagi pada Mei 2019 dengan film lainnya tapi sayangnya belum ada judul resmi. Apakah film yang tadinya di-plot jadi Infinity War Part 2 ini bakal jadi pondasi film-film Marvel ke depannya? Pastinya, film Avengers tanpa judul ini nyatanya sudah masuk tahap post-pro saat artikel ini dirilis.

 

Setelah tiga fase MCU ini, fase berikutnya ada sekuel dari Spider-Man: Homecoming yang akan rilis pada Juli 2019 dengan status ‘pra-produksi’ dan sekuel kedua dari Guardians of the Galaxy, yaitu Vol.3, yang rilis pada 2020, yang dalam tahap ‘in development’.

Yeay? Atau akankah kita bosan dengan racikan menunya?

Pastinya dengan bersatunya Disney dan 20th Century Fox film-film cross-over X-Men dan Fantastic Four plus Deadpool pun bikin semesta Marvel jadi lengkap dan tentu… ramai!

 

Ingin ngeh dengan film-film berikutnya, cekidot aja POPULAR NOW ini download versi PlayStore ini dan ini versi iOS -nya biar bisa chat seru bareng… klik ini !

 

(Visited 2,866 times, 1 visits today)