Mudik Aman dan Nyaman Bebas dari Si Copet. Begini Tips Ampuhnya..

0
4
si copet

Saat mudik lebaran, kegiatan terpusat di stasiun kereta, terminal, bandara, dan pelabuhan. Mudik Aman dan Nyaman Bebas dari Si Copet. Begini Tips Ampuhnya..

Pemudik mulai memadati terminal, stasiun kereta, bandara dan pelabuhan untuk pulang kampung merayakan Lebaran. Kondisi seperti ini banyak dimanfaatkan penjahat untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Dan para pemudik, khususnya penumpang angkutan umum, kerap menjadi sasaran empuk bagi ‘tangan-tangan nakal’ ini.

Kehadiran mereka hampir kasat mata dan sulit dideteksi. Untuk mengurangi resiko kecopetan, ada beberapa tips menghindari copet, bagi penumpang angkutan umum, diantaranya sebagai berikut:

1. Simpan Uang dan Barang Berharga di Tempat Aman

Simpan barang-barang berharga anda, seperti uang dan handphone di dalam tempat yang paling aman menurut anda. Bisa di tas atau di dalam bagian jaket.

5 Kota Paling Romantis yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Lebaran…

2. Pakai Tas Tertutup

Tas yang terbuka dan terkesan mahal selalu menjadi incaran copet di keramaian. Daripada tas anda dicopet dan hilang barang di dalamnya, lebh baik pakai saja tas yang tertutup. Maksudnya adalah cari tas yang tidak mencolok perhatian dan kalau bisa tidak terlihat dari luar.

3. Siapkan Fotokopi Dokumen Penting

Kalau apes-apesnya anda kecopetan saat perjalanan mudik, tentu kehilangan yang paling parah adalah identitas diri yang berupa paspor atau KTP. Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kamu memfotokopi berbagai dokumen penting untuk jaga-jaga.

4. Jangan Bawa Banyak Uang Tunai

Uang tunai memang menjadi andalan untuk dipakai saat perjalanan mudik. Tapi bukan tanpa risiko, copet juga tidak segan untuk mengambil uang tunai yang ada di dompet atau kantung celana anda. Oleh sebab itu, hindari membawa banyak uang tunai.

5 Tips Antisipasi Tindak Kejahatan di Jalan Raya

5. Tingkatkan Kewaspadaan

Tingkatkan kewaspadaan pada saat naik dan turun. Copet sangat memanfaatkan betul keadaan chaos pada saat penumpang naik dan turun.

(Visited 11 times, 1 visits today)