Siap Jingkrak-Jingkrak Gahar Ala Cewek-Cewek Rock Era ’90-an?

0
1

Entah belakangan ini tak ada aksi musik rock oke dari kaum Hawa. Itu berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di era ’90-an. Cewek-cewek rock bertebaran! 

 

Oh ya, maksudnya, aksi bermusik artis-artis perempuan yang jelas bisa memainkan alat musik – tak sekadar teriak-teriak bernyanyi (dengan lirik kotor) dan menari-nari seksi saja.

Lalu, apa yang terjadi di era ‘90an?

Sederet album berikut eksis dan berhasil jadi prasasti kalau perempuan pun punya kesaktian dalam bertutur dan mampu menorehkan nada gahar!

 

No Doubt

Tragic Kingdom

Gwen Stefani dan kawan-kawan memang muncul di saat yang tepat: ketika bunyi rock hanya itu-itu saja dan setengah populasi wanita di dunia digempur suara manis Mariah Carey dan hentakan tari Janet Jackson. Gwen berhasil meracuni setengah populasinya lagi dengan serangan bunyi ska-pop-nya.

Hasilnya?

Album ini jadi album paling dikenang sepanjang masa.

 

 

Garbage

Version 2.0

Bunyi rock-elektronik album ini memang tak ada duanya di era tersebut. Semua gubahannya bagai hipnotis bergoyang, baik untuk goyang kepala maupun goyang kaki. Jadi tak heran jika grup bervokaliskan cewek cool, Shirley Manson, ini sempat dinominasikan Album of the Year 1998 lewat album ini.

 

 

Ternyata Ini Rahasia Tetap Seksi 5 Cewek Selebriti Cantik Menawan Ini!

 

Hole

Live Through This

Saat Hole merilis album ini, Courtney Love pentolan hidup bayang-bayang ‘istri Kurt Cobaik yang gahar’. Toh Hole yang digawangi tiga cewek – satu cowok memang tak bisa dipandang sebelah mata. Sederet lagu dalam album ini jadi ‘suara’ Love menggelontor isi hatinya. Doll Parts jadi suara kenapa perempuan harus memilih jadi ibu sekaligus berkarier (nyanyi).

 

 

Alanis Morissette

Jagged Little Pill

Album ini jadi lightsaber semua wanita muda (kala itu) terhadap perasaan mereka. Siapa sangka kalau lagu-lagunya tetap ampuh berbicara dan jadi congor teriakan sakit hati semua wanita di era ini? You Oughta Know jadi hymne kemarahan paling sakti. You Learn, Hand in my Pocket dan Ironic pun lantas jadi sertifikat sakti kalau album ini benar-benar koleksi ampuh dalam hidup.

 

 

Veruca Salt

Eight Arms To Hold You

Veruca Salt sebagai tokoh rekaan Roald Dahl memang rakusnya luar biasa. Tapi Veruca Salt sebagai grup, justru jadi sesuatu yang murah hati. Ya, Veruca Salt memberi dua gitaris-vokalis paling mantap (Terakhir Heart melakukannya di era ‘70an): Nina Gordon dan Louise Post. Album ini pun cerdas dengan warna-warna bebunyian yang ditangkap dari the Beatles dan AC/DC!

 

 

Siapa Sangka 6 Cewek Solo Karier Ini Juara!

 

Fiona Apple

Tidal  

Bebunyian piano berpadu dengan suara masamnya benar-benar bikin penampilan Fiona begitu unik. Lagu-lagunya pun begitu dekat dengan semua wanita di dunia. Shadowboxer dan nomor bosanova seperti The First Taste, contohnya. Keunikannya memang tak terkira. Kalangan mainstream pun terkesima saat dirinya mengucapkan ‘This world is b*****t’ di momen MTV Video Music Awards saat itu.

 

 

Mana yang sangar-gahar tapi terasa seksi?

 

(Visited 232 times, 1 visits today)