3 Tip Mudah Hadapi Kritikan di Kantor

0
1
hadapi kritikan

Kesalahan jadi hal lumrah yang terjadi dalam kehidupan manusia, termasuk saat bekerja. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memperbaikinya. Lingkungan kerja selalu penuh dengan kritikan, baik dari atasan maupun rekan kerja. Masalahnya, tak semua orang mau menerima atau bisa hadapi kritikan dengan mudah.

Nah, beberapa tip ini ampuh agar Anda siap hadapi kritikan dan memperoleh benefit maksimal darinya: 

Simak dan renungkan

Sebagian orang memang enggan untuk menerima kritik dari orang lain, bahkan ada pula yang menganggapnya sebagai hal yang negatif. Tapi, tahukah Anda jika kritik selalu memberi peluang untuk langkah yang lebih baik lagi? Cobalah untuk menyimak dan renungkan kritikan tersebut. Teruslah berpikir positif dan ambil hal-hal baik yang terkandung di dalamnya.

Ini Tanda-Tanda Diri Anda Terlalu Stres!

Respon dan diskusikan

Ingat, menyimak bukan berarti diam. Tanggapi dengan tenang dan jangan emosi. Respon yang tenang membuat Anda lebih dihargai orang lain. Setelah itu, coba diskusikan mengenai permasalahan yang terjadi dan cari jalan keluarnya. Terkadang, tak semua kritik yang disampaikan selalu benar, jadi sampaikanlah keberatan Anda dengan sopan. Perdebatan yang sehat akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja Anda.

Hadapi Kritikan Dengan Terapkan Jika Benar

Jangan kedepankan ego! Jika setelah berdiskusi ternyata Anda memang dalam posisi yang salah, cobalah terapkan solusi yang didapat dari hasil perdebatan tersebut. Tapi, jika Anda benar dan merasa telah melakukan pekerjaan dengan baik, maka pertahankan.

Waduh, Kantor Ini Wajibkan Pegawai Wanita Cium Bos Tiap Pagi!

Tetaplah memandang kritikan sebagai hal positif yang bisa meningkatkan kinerja Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa memilah mana kritik yang membangun dan mana komentar-komentar pribadi yang harus diabaikan.

Nah, Gimana Sudah lebih siap dong untuk hadapi kritikan saat ini?

(Visited 172 times, 1 visits today)