Punya Sifat Emosian? Ini 5 Cara Mengontrol Amarah Biar Nggak Meledak-ledak!

0
3
sifat emosian

Sebagai manusia kita pasti pernah marah yang penyebabnya bisa karena banyak hal. Punya Sifat Emosian? Ini 5 Cara Mengontrol Amarah Biar Nggak Meledak-ledak!

Marah boleh saja karena itu adalah hal yang wajar tapi jangan sampai berlebihan. Tahukah Anda marah yang berlebihan memiliki dampak yang serius pada kesehatan tubuh kita. Hal itu disebabkan karena tubuh mengeluarkan hormon-hormon stres seperti hormon kortisol dan adrenalin. Bila terlalu banyak, hormon tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan masalah kesehatan.

Saat sedang marah pasti tubuh akan merasakan jantung berdebar lebih kecang, napas lebih cepat, bahu tegang, dan tangan mengepal. Jika sudah begini cobalah melakukan beberapa cara untuk mengendalikannya jangan sampai kehilangan kendali.

Berikut beberapa cara untuk mengendalikan marah:

1. Berhitung 1 – 10

Hal ini memang seperti tidak masuk akal, tetapi dengan menghitung sampai 10 memberi Anda waktu untuk menenangkan diri, sehingga Anda dapat berpikir lebih jernih dan dapat mengatasi dorongan untuk marah.

Emosi Seseorang Bisa Gampang Meledak Jika Kurang Tidur

2. Atur Napas

Aturlah napas Anda dengan menghemuskan napas lebih lama dari yang dihirup. “Ketika sedang marah secara otomatis napas menjadi lebih cepat, dan untuk mengatasi itu yakni dengan mengatur napas Anda dengan bernapas lebih dalam,” ujar Isabel Clarke, psikolog klinis spesialis kemarahan. Hal ini juga akan menenangkan Anda secara efektif dan membantu berpikir jernih.

3. Rajin Olahraga

Mengurangi tingkat stres atau marah secara umum bisa dengan melakukan olahraga seperti relaksasi, berlari, berjalan, berenang, yoga dan meditasi. “Berolahraga yang merupakan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari adalah cara yang baik untuk mengatasi kemarahan,” kata Isabel.

4. Menjadi Kreatif

Menjadi orang yang berpikir kreatif dengan membuat karya seperti menulis puisi, membuat musik, menari atau melukis yang dapat melepaskan ketegangan dan mengurangi perasaan marah.

Selingkuh Emosi atau Seks! Mana yang Paling Berdampak Buruk?

5. Ceritakan Perasaan Anda

Menceritakan perasaan yang Anda rasakan kepada seorang teman atau keluarga dapat bermanfaat dan membantu untuk mendapatkan perspektif yang berbeda tentang situasi yang Anda alami atau hal yang membuat Anda marah.

(Visited 364 times, 1 visits today)