Sering Merasa Pusing? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

0
1
pusing

Pusing dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya atau hal-hal seperti tidak cukup minum air, atau bisa juga terkait usia.

Merasa pusing adalah keluhan umum di antara banyak orang. Meskipun biasanya tidak disebabkan oleh sesuatu yang mengancam jiwa, walaupun sebenarnya itu bisa saja terjadi, Anda tetap harus berhati-hati. Jangan abaikan itu.

Berdiri terlalu cepat

Ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, darah Anda tidak bergerak cepat ke kepala. Secara medis, ini dikenal sebagai ‘hipotensi ortostatik,’ di mana ada penurunan tekanan darah yang drastis ketika Anda berdiri. Tubuh memiliki cara untuk mengatur ini agar tidak terjadi ketika Anda sehat secara medis dan terhidrasi dengan baik.

Migrain

Bahwa migrain yang tidak lazim mungkin merupakan penyebab pusing. Migrain adalah gangguan yang sangat umum, dan walaupun biasanya ditandai dengan sakit kepala, penderita migrain mungkin menemukan diri mereka berjuang melawannya. Petunjuknya adalah kepekaan terhadap rangsangan, seperti cahaya atau suara yang terang.

Gula darah rendah

Anda bisa memiliki gula darah rendah jika Anda belum makan, sehingga dapat menyebabkan pusing. Cobalah mendapatkan beberapa nutrisi untuk tubuh sesegera mungkin. Gejala tambahan gula darah rendah lainnya disebut hipoglikemia, termasuk mudah marah, lapar, merasa kedinginan, berkeringat, gugup, dan detak jantung yang cepat. Para ahli menyarankan makan seimbang yang mengandung protein dan karbohidrat, serta tidak melewatkan jam makan. Memeriksakan kadar gula darah, terutama jika Anda membutuhkan lebih banyak glukosa (gula).

pusing

Efek samping obat

Jika obat bekerja dengan baik, akan menurunkan tekanan darah dan membuat Anda pusing. Cara mengatasinya sesederhana menyesuaikan dosis atau mencoba obat lain. Obat-obatan tertentu terutama antidepresan dan obat-obatan psikiatrik lainnya seperti obat tidur, obat tekanan darah, dan penghilang rasa sakit, memang dapat menyebabkan pusing. Berbicara dengan dokter Anda untuk mencari tahu apakah itu penyebabnya.

Dehidrasi

Kekurangan H₂O bisa menjadi penyebab pusing. Ketika tubuh tidak mendapatkan air yang cukup, volume darah turun, menurunkan tekanan darah, dan otak Anda tidak mendapatkan darah yang cukup. Anda mungkin mengalami dehidrasi jika terlalu panas, jika tidak cukup makan atau minum, atau jika sedang sakit. Kondisi lain seperti diare, muntah, keringat berlebih, dan ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh secara signifikan.

Awas… Gerimis Sebabkan Sakit daripada Hujan! Benar Nggak Ya?

Kekurangan zat besi

Tingkat zat besi yang tidak mencukupi sering dikaitkan dengan anemia, suatu kondisi yang dapat menyebabkan serangkaian gejala seperti pusing dan kelelahan. Kekurangan zat besi dapat diobati dengan mengonsumsi suplemen, tapi pastikan untuk bertanya kepada dokter Anda terlebih dahulu. Anda juga dapat meningkatkan asupan dengan makanan seperti kacang merah, bayam, lentil, edamame, oat, quinoa, dan tiram ke dalam makanan Anda.

Mabuk perjalanan

Penelitian menunjukkan bahwa gejala mabuk perjalanan yaitu pusing, mual, muntah, sakit kepala dan pucat. Jika merasa pusing bukan masalah yang berulang, maka itu tidak perlu dikhawatirkan. Untuk melawannya adalah dengan berbaring sampai berhenti, menghentikan gerakan yang cepat, beristirahat, minum banyak air, serta menghindari tembakau, kopi, dan alkohol hingga tenang.

Pernah Sakit Kepala saat Makan Es Krim? Ternyata Ini Penyebabnya Menurut Penelitian..

Serangan jantung dan stroke

Pada tingkat yang paling serius, sakit kepala mungkin merupakan tanda serangan jantung atau stroke. Gejala dari serangan jantung yang sering menyertai sakit kepala adalah nyeri dada, sesak napas, mual, sakit pada lengan, sakit punggung, atau sakit rahang. Gejala yang menunjukkan stroke adalah sakit kepala secara tiba-tiba, mati rasa, lemah, perubahan visual, kesulitan berjalan, atau bicara yang tidak jelas.

(Visited 435 times, 1 visits today)