Side Job? Kalo Mau Ambil Kerja Sampingan, Ingat 4 Etika Ini Ya??

0
3
kerja sampingan

Disini ada yang kerja kantoran tetapi juga mengambil kerjaan sampingan alias side job?  Side Job? Kalo Mau Ambil Kerja Sampingan, Ingat 4 Etika Ini Ya??

Sekarang memang apa-apa serba mahal. Mengandalkan pemasukan cuma dari gaji satu kerjaan aa dirasa masih nggak cukup. Kalau udah ngerasa kayak gitu jangan langsung pasrah sama keadaan ya POPle. Apalagi kalian masih muda dan produktif. Kreatif dikit untuk menambah penghasilan dengan usaha sampingan atau side job boleh banget lho.

Nah, kalau POPle saat ini lagi kerja sambil usaha sampingan atau sid job, jangan asal hajar aja ya! Semua wajib seimbang, jangan sampai berat sebelah. Untuk itu, simak nih 4 etika buat kalian yang kerja sambil side job:

1. Pahami Peraturan Perusahaan

Yang paling penting saat kalian memutuskan buat ngejalanin side job adalah memahami peraturan perusahaan tempat kamu bekerja. Yang namanya kerja di perusahaan pasti ada peraturan yang berlaku, jadi jangan abaikan peraturan yang tertulis.

Jangan Asal Main Sikat, Jika Kamu Tidak Ingin di Pecat!

Ada beberapa perusahaan yang secara tertulis melarang karyawannya memiliki pekerjaan sampingan dan ada yang mengizinkan dengan syarat tertentu. Nah, kalau ternyata perusahaan kalian bekerja melarang keras kamu punya kerja sampingan, coba siasati dengan menjalankan itu smeua di hari libur alias weekend.

2. Jangan Semena-mena Memakai Fasilitas Kantor

Kembali ke masalah etika kerja sampingan, jangan semena-mena menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan side job kalian. Menggunakan fasilitas kantor habis-habisan demi kepentingan kerja sampingan sebaiknya sih dihindari. Duh, ini mah namanya aji mumpung, mumpung gratisan. Dari segi usaha sih emang pastinya menguntungkan buat kamu. Nggak harus keluar biaya quota, sewa peralatan penunjang side job, pulsa sampai cetak printer. Tapi lama-lama perusahaan bisa tekor juga kali.

3. Nyolong Waktu Kerja

Prioritas saat kalian sedang berada di kantor dan selama jam kerja pastinya harus fokus sama kerjaan yang jadi tanggung jawab kalian. Bukan malah sesekali nyolong waktu kerja buat mengurus kerjaan sampingan kalian yah. Kalau memang perusahaan tempat kalian bekerja memperbolehkan aktivitas kerja sampingan, sebaiknya pilih waktu yang tepat. Hindari yang namanya datang kerja terlambat karena harus ngurusi usaha side job kalian. Terlebih lagi jika kalian nekat sampai mengorbankan hari kerja untuk bolos, lagi-lagi demi kepentingan side job!

Sederet Side Job Ini Cocok Untuk Mereka Para Pekerja Kantoran!

4. Tidak Profesional

Pekerjaan di kantor kan ada deadline atau target yang harus diselesaikan, kalian nggak bisa mengesampingkan semua itu dan lebih asyik sama side job kamu. Selama kalian masih terikat kontrak kerja, ada kewajiban yang harus dipenuhi. Sebisa mungkin selesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kalian. Jangan cuma mau terima gaji aja dong, tuntaskan juga apa yang sudah kalian setujui saat tanda tangan kontrak kerja.

Nah, udah pada paham kan sama etikanya? Happy working POPle…

(Visited 21 times, 1 visits today)