Sempat Heboh, Inilah 5 Hoax yang Pernah Menipu Dunia! Salah Satunya tentang Hitler..

0
7
Sempat Heboh, Inilah 5 Hoax yang Pernah Menipu Dunia! Salah Satunya tentang Hitler..

Berita hoax alias kabar burung sering banget terjadi akhir-akhir ini. Dari sekian banyak berita hoax yang tersebar, ada beberapa yang berhasil membuat terkecoh jutaan orang di dunia karena mengira kabar itu nyata.

 

Dari sekedar candaan hingga ingin popularitas, seseorang akhirnya membuat sebuah kabar bohong untuk disebar ke publik. Namun, biasanya tak bertahan lama karena kemudian muncul informasi bahwa kabar itu ternyata berita bohong semata.

Berikut ini adalah lima berita hoax sepanjang sejarah sebagaimana dilansir Whatculture, yang bahkan beberapa di antaranya hingga kini masih banyak yang menganggapnya sebagai sebuah fakta?

1. Kematian Paul McCartney

Pada tahun 1969 tersebar rumor jika salah satu personel The Beatles, Paul McCartney, telah meninggal dunia dalam sebuah tragedi kecelakaan mobil. Kematian Paul membuat para produser menggantinya dengan orang lain yang memiliki kemiripan fisik. Sementara itu para personel The Beatles seakan menutupi fakta namun memberi petunjuk kebenaran melalui kode dalam desain cover album dan lirik lagu.

2. Foto Balita Adolf Hitler

Beberapa waktu lalu, dunia dihebohkan dengan foto anak kecil yang menggemaskan.
Foto itu dikabarkan sebagai Adolf Hitler kecil. Setelah pemerintah Jerman menyelidiki ternyata foto tersebut adalah foto seorang anak dari Amerika.

Dilansir dari listverse.com, foto yang tersebar luas itu ternyata sudah diedit.
Hingga saat ini masih belum ditemukan jawaban pasti siapa yang telah menyebarkan foto ini.

OMG, Fakta-Fakta Malam Pertama di Beberapa Negara Ini Bakal Bikin Kamu Terkejut!

3. Foto Peri dan Elf

Dua orang gadis berusia 10 dan 16 tahun pada tahun 1917 hingga 1921 dianggap telah berhasil mengambil sejumlah foto yang sempat menjadi sorotan dunia karena foto tersebut dianggap sebagai bukti keberadaan dari peri dan elf.

4. Crop Circles

Crop circle adalah pola yang dibuat dengan meratakan tanaman di ladang atau tanah pertanian. Doug Bower dan Dave Chorley-lah yang mengambil ide crop circle dan menjadikannya headline nasional pada 1978. Mereka mengklaim crop circle tersebut dibuat oleh alien dan banyak yang mempercayainya.

Bower dan Chorley akhirnya mengakui bahwa merekalah yang membuat pola-pola aneh di ladang dengan menggunakan alat-alat sederhana yang terdiri dari papan kayu, tali dan topi baseball yang dipasangi benang.

Ini Dia 5 Jurus Sakti untuk Menaklukan Hati Cewek Rusia Idaman Kamu!

5. Video Otopsi Alien

Pada tahun 1947 di Roswell Amerika diduga telah terjadi kecelakaan yang melibatkan pesawat luar angkasa atau UFO. Beranjak 48 tahun kemudian pada 1995, seorang produser film asal Inggris bernama Ray Santilli membuat sensasi dengan menayangkan sebuah video yang menunjukkan proses otopsi dari alien yang telah mati. Namun ternyata video tersebut dinyatakan palsu karena dibuat sendiri oleh Santilli dengan menggunakan boneka humanoid.

 

Wah, jadinya kita harus bisa memilah-milah berita supaya nggak terhasut berita hoax POPle..

 

 

(Visited 402 times, 1 visits today)