Wow, Peneliti di China Berhasil Ciptakan Gigi Baru dari Urin!

0
1

Bikin heboh karena bikin gigi baru dengan cara luar biasa dan tak lazim.

Ya, jika membahas urin, biasanya yang terbesit adalah sesuatu hal yang jorok dan penuh sekali dengan kuman. Namun, jangan berpikir jijik dulu, menurut hasil penemuan yang dipublikasikan dalam Cell Regeneration Journal baru-baru ini, itu (urin) tidaklah seburuk yang dikira.

Dalam penjelasannya para ilmuwan menunjukkan bahwa urin dapat digunakan sebagai sumber sel induk yang pada gilirannya dapat berkembang menjadi struktur gigi baru. Temuan ilmuwan dari Tiongkok ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi cara untuk menggantikan gigi yang copot.

Wow, Peneliti di China Berhasil Ciptakan Gigi Baru dari Urin!
Wow, Peneliti di China Berhasil Ciptakan Gigi Baru dari Urin!

Tetapi tetap saja ini menjadi sedikit sulit, karena bahan atau sumber yang digunakan adalah sesuatu yang tidak lazim. Dilansir dari BBC, tim peneliti di seluruh dunia kini sedang mencari cara agar dapat menumbuhkan gigi baru untuk menggantikan gigi yang hilang karena faktor usia dan kesehatan gigi yang buruk.

Urin dijadikan bahan utama untuk tumbuhkan gigi graham

Ini pun membuat sekelompok ilmuwan di Guangzhou Institutes of Biomedicine and Health,  juga bereksperimen dan menggunakan urin sebagai titik awal. Menurut mereka, sel yang biasanya dikeluarkan dari tubuh, seperti yang berasal dari lapisan cairan tubuh, akan dipanen di laboratorium. Sel-sel yang terkumpul selanjutnya dikondisikan sedemikian rupa sehingga menjadi sel induk.

HeWee Go Active: Kondom Canggih yang Bisa Tampung Setengah Liter Urin!

Uji coba pun dilakukan pada sebuah hewan dan ini sukses menumbuhkan sel  yang menyerupai gigi, dengan bagian pulpa, dentin, ruang enamel dan organ enamelnya, dalam waktu tiga minggu.

does-smiling-improve-health
google.com/does-smiling-improve-health.

“Namun, “gigi” ini tidak sekeras gigi alami. Paling tidak, bisa dilakukan studi lebih lanjut dalam upaya regenerasi gigi manusia untuk terapi klinis,” ujar para peneliti di Tiongkok.

Melihat reaksi yang cukup mengejutkan, ini pun mengundang komentar beberapa ilmuwan. Seorang ilmuwan sel induk di University College London, Prof Chris Mason, mengatakan,  urin adalah titik awal yang buruk. “Ini mungkin salah satu sumber terburuk, ada sangat sedikit sel di tempat pertama dan efisiensi mengubahnya menjadi sel induk sangat rendah,” ujarnya.

Pertanyaannya kemudian, apakah Anda rela memiliki gigi baru yang terbuat dari urin?

(Visited 83 times, 1 visits today)