10 Titik Destinasi Labuan Bajo Ini Wajib Dikunjungi

0
4
labuan bajo

Lokasi wisata ini banyak diburu wisatawan lokal hingga internasional. Kok bisa-bisanya 10 titik destinasi di Labuan Bajo ini jadi wajib dikunjungi?

 

Labuan Bajo, salah satu dari 9 desa yang ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi para traveler sejati.

Pasalnya, di kota kecil pinggir pantai paling barat Pulau Flores ini punya segudang tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama alami.

Bahkan, menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, setidaknya ada 10 titik destinasi yang wajib dikunjungi saat kalian berlibur ke Labuan Bajo.

Nah, sebelum menginjakkan kaki dan plesiran ke Labuan Bajo, simak dulu 10 titik destinasinya ini:

 

1. Loh Liang, Pulau Komodo dan Loh Buaya, Pulau Rinca

Loh Liang jadi pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Komodo. Disini kita bisa mengamati satwa komodo langsung di habitatnya bersama fauna lain seperti rusa, babi hutan, burung gosong, dan lainnya, dalam hutan kanopi endemik Komodo. Selain itu bisa juga mengamati habitat burung-burung yang ada, area pendakian (Loh Liang – Gunung Ara), dan jalur penjelajahan (Loh Liang – Loh Sebita).

Dari Labuan Bajo menuju lokasi Loh Liang, wisatawan dapat menggunakan kapal atau speedboat dari Labuan Bajo.

Loh Buaya jadi pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Rinca. Wisatawan dapat menyaksikan hutan bakau, padang savana serta satwa liar. Misalnya, komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar serta berbagai jenis burung.

 

2. Pulau Padar 

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di area Taman Nasional Komodo yang terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar punya pantai yang sangat indah dan jadi salah satu jalur migrasi Pari Manta di kawasan.

Dengan bentuk kontur yang eksotik, tracking di Pulau Padar cukup menantang. Di puncak, turis akan dimanjakan dengan pemandangan fenomenal panorama tiga pantai dengan warna berbeda, yaitu pink, putih, dan hitam.

 

5 Spot yang Wajib Disinggahi Saat Plesiran Ke Raja Ampat!

 

3. Gili Laba

Gili Laba adalah selat pertemuan dua pulau yakni Gili Laba Darat dan Gili Laba Laut. Tidak hanya jadi titik penyelaman favorit, karena arus yang kencang, Gili Laba juga menawarkan pemandangan panorama yang indah baik saat sunrise maupun sunset.

 

4. Pantai Pink

Mari kita beralih ke lautan. Bukan sesuatu hal yang baru lagi bagi para penikmat liburan. Pantai yang juga disebut Pantai Merah ini menyajikan pemandangan laut yang indah dan yang pastinya tidak mengecewakan.

Gradasi pasir putih dan merah yang jadi keunggulan dari pantai ini terlihat seperti surga para pecinta snorkeling. Koral dan karang laut yang banyak terdapat di Pantai Pink dapat juga dinikmati sembari berjemur atau sekedar bermalas-malasan.

 

5.  Taka Makassar

Manta Point Taman Nasional Komodo sangat beruntung karena jadi jalur migrasi berbagai biota laut, salah satunya Pari Manta. Terletak di perairan dekat Pulau Komodo, wisatawan menyelam atau snorkeling untuk melihat kumpulan ikan pari manta bermain-main di arus yang cukup kencang.

Namun, pari manta hanya bisa dijumpai pada kondisi dan cuaca yang baik. Selain itu Taka Makassar juga punya area soft coral yang indah dan tidak jarang terlihat penyu di sana.

Tips Memaksimalkan Smartphone Untuk Dibawa Saat Traveling!

6. Pantai Pede

Pantai Pede terletak di Desa Gorontalo, berjarak lebih kurang satu kilo dari Labuan Bajo dengan akses jalan beraspal yang kondisinya baik sehingga sangat mudah dicapai dari Labuan Bajo.

Pantai ini membentang di antara dua bukit yaitu Bukit Pramuka dan Bukit Gorontalo. Dengan pasir putih yang panjang dan pemandangan pulau-pulau kecil di depannya (Pulau Batu, Pulau Bajo, Pulau Seture), Pantai Pede menawarkan salah satu view sunset terbaik di Labuan Bajo.

 

7.  Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin terletak di Desa Batu Cermin, lebih kurang tiga kilo dari Kota Labuan Bajo. Sinar matahari masuk ke dalam gua melalui lubang dan kemudian memantul di dinding batu yang seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua sepert sebuah cermin.

Di dalam gua sepanjang sekitar 200 meter yang punya banyak lorong itu, dipenuhi dengan aneka rupa stalagtit dan stalagmit yang masih terpelihara dengan baik dan terbentuk sangat indah di dinding-dinding gua.

 

8. Cunca Wulang dan Cunca Rami

Cunca Wulang dan Cunca Rami terletak sekitar 2 jam dari kota Labuan Bajo. Kedua destinasi ini menawarkan pengalaman trekking menyusuri hutan dan tebing menuju air terjun. Ketinggian Cunca Rami sekitar 30 meter dan Cunca wulang sekitar 15 meter, diperbolehkan untuk berenang apabila kondisi alam memungkinkan.

 

Sikat Destinasi Liburan Long Weekend 2017 Ini!

 

9. Danau Sano Nggoang

Danau Sanonggoang adalah danau vulkanik terbesar di bagian timur Indonesia. Luasnya 513 hektare dan kedalaman diperkirakan 500 meter. Puncak Golo Dewa adalah tempat terbaik untuk melihat pemandagan Danau Sano Nggoang dan sekitar nya.

Daerah ini bisa dicapai 45 menit sampai satu jam dari kampung Nunang. Selain itu, hutan di sebelah timur danau merupakan tempat hidup 90-an jenis burung dan empat diantaranya adalah endemik Flores. Di daerah ini juga sudah terdapat guest house dan juga homestay.

 

10. Puncak Gunung Mbeliling

Gunung Mbeliling berada di Flores Manggarai Barat dengan ketinggian 1,239 m DPL, Gunung ini punya satwa khas seperti burung Kehicap Flores, Serindit Flores dan Gagak Flores, apalagi bagi peminat atau pecinta bird watching Trekking ke Gunung Mbeliling jadi alternatif yang menarik.

 

Keren ya, POPle! Jadi ingin menapakkan kaki ke Labuan Bajo, kan? Kejar tiket promo nih!

 

(Visited 475 times, 1 visits today)