Stop! Ini 5 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Handphone Saat Mengemudi!

0
15
menggunakan handphone

Terkadang, setiap saat kita selalu saja ingin melihat sesuatu yang terjadi di ponsel kita. Stop! Ini 5 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Handphone Saat Mengemudi!

Smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok dan mungkin utama di zaman yang serba terkoneksi saat ini. Terkadang, setiap saat kita selalu saja ingin melihat sesuatu yang terjadi di ponsel kita, mungkin untuk mengecek SMS yang masuk, update medsos, ataupun untuk sekedar bermain game.

Bahkan berdasarkan studi sekitar 8% dari pengemudi kita main Hp lho ketika menyetir! Nah, mulai sekarang juga, hentikan kebiasaan tersebut. In alasan mengapa sebaiknya kamu tidak menggunakan Hp ketika berkendara baik menggunakan mobil ataupun motor.

1. Meningkatkan Risiko Kecelakaan

Berdasarkan berbagai penelitian dan studi yang sudah dilakukan untuk melihat hubungan antara pengunaan telepon genggam ketika mengemudi dan kecelakaan, membuktikan bahwa penggunaan telepon genggam ketika berkendara meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas hingga 4 kali lipat jika dibandingkan dengan berkendara tanpa menggunakan telepon genggam karena terganggunya konsentrasi.

Menurut Studi Ini, Mengemudi Saat Macet Bisa Bikin IQ Turun!

2. Membahayakan Diri Sendiri dan Orang Lain

Menurut studi yang sudah dilakukan, mengemudi ketika menggunakan HP meningkatkan resiko kecelakaan hingga 4x lipat. Ini berarti, bukan hanya kita sendiri yang berisiko untuk mengalami kecelakaan serius namun juga pengendara lain yang kebetulan berada di jalan yang sama pada saat itu ataupun penumpang lain yang berada di motor atau mobil kita.

3. Mengganggu Pengendara Lain

Ketika kalian menggunakan Hp secara tidak sadar kalian juga akan memperlambat laju kendaraan kalian yang berarti membuat pengendara dibelakang kalian jadi terhambat. Belum lagi, beberapa orang ketika menggunakan HP tidak bisa mengendalikan gerak mobil atau motornya secara sempura sehingga berjalan ke kiri dan ke kanan (zig-zag) dan tentunya sangat berbahaya dan mengingkatkan resiko terjadinya laka lantas.

4. Ancaman Pidana

Mungkin sedikit dari kamu yang tahu bahwa main HP ketika mengemudi merupakan tindakan pidana yang dapat dihukum dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak 750,000 rupiah sesuai dengan UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 283. Belum lagi kalau sampai menimbulkan korban luka ataupun meninggal dunia yang ancaman hukumannya bisa bertahun-tahun.

Sering Ngantuk Saat Mengemudi? Coba deh Pakai Tips Ini!

5. Sayangi Kendaaran Anda

Selain alasan diatas, alasan terakhir mengapa kamu harus berhenti menggunakan HP ketika menyetir adalah motor dan mobilmu sendiri. Kok bisaa? Iya, motor dan mobilmu yang puluhan juta bahkan sampai miliaran bisa hilang dengan sekejap jika kalian tidak berkonsentrasi ketika berkendara dan menabrak sehingga mobil dan motormu hancur.

So, stop mengoperasikan hp saat mengemudi sekarang juga ya guys!

 

(Visited 318 times, 1 visits today)