Tanpa Disadari, Terbiasa dengan Browser Ini Bikin Anda Kurang Sehat!

0
1
Browser

Saat menyelesaikan pekerjaan, kita seringkali berhadapan dengan mesin pencari. Tanpa Disadari, Terbiasa dengan Browser Ini Bikin Anda Kurang Sehat!

Ya, dalam menyelesaikan pekerjaan, kita seringkali berhadapan dengan mesin pencari. Entah itu Google, Mozilla, Firefox, Opera, dan lainnya. Semuanya itu dibutuhkan untuk mencari data dan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan.

Terkadang, bisa timbul kebiasaan membuka banyak tabulasi atau tab saat sedang bersinggungan dengan pekerjaan. Bagi beberapa orang, membuka banyak tab dianggap bisa memudahkan pekerjaan mereka.

Tapi di sisi lain, banyak tab dianggap dapat membuat perangkat menjadi ‘berat’ sehingga malah membuat pekerjaan menjadi terhambat. Tapi lebih dari semua itu, banyak tab sebenarnya memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Membuka banyak tab bukan merupakan suatu cara untuk membuat seseorang multi-tasking. Banyak tab malah membuat kemampuan otak dipaksa untuk berlebih. Selain itu, secara tidak sadar konsentrasi akan menurun setiap kali membuka tab baru. Dengan begitu, seseorang menjadi tidak produktif dan hasil pekerjaan menjadi tidak optimal.

Bikin Cepat Ngantuk, Hindari 5 Makanan Ini saat Sedang Beraktivitas!

Menurut psikolog, Dr Daria Kuss,membuka banyak tab adalah cara digital untuk pengalihan tugas dan merupakan bentuk gangguan. Mungkin ada orang yang merasa dirinya berkonsentrasi pada satu tab meskipun banyak tab yang dibuka.

Tapi sebenarnya, ekor mata tetap akan melihat tab lain dan itu mendorong keinginan untuk membuka tab tersebut sehingga meninggalkan tab yang sedang dilihat. Banyak tab dapat mengambil energi mental. Hal itu dapat mengakibatkan kelebihan informasi yang mungkin sulit ditangani oleh otak manusia.

Sementara itu, menurut konsultan psikolog klinis, Marc Hekster, membuka banyak tab yang berisikan lautan informasi membuat otak menjadi terbebani. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lelah, pelupa, dan mudah tersinggung.

Sesekali membuka tab yang berisi sosial media maupun hiburan tidak masalah. Sebab itu dapat membantu merilekskan pikiran. Tapi saat sudah kembali bekerja, tutup tab-tab tidak penting tersebut.

(Visited 81 times, 1 visits today)