Terjebak Banjir! Tenang, Jangan Panik, Gunakan Tips Berikut Ini!

0
2
terjebak banjir

Berkendara di jalanan Ibu Kota pada musim hujan memang berisiko, apalagi kalo banjir. Terjebak Banjir! Tenang, Jangan Panik, Gunakan Tips Berikut Ini!

Musim hujan identik dengan banjir di beberapa kota besar belakangan ini. Bahkan di beberapa daerah sempat mengalami banjir bandang yang mengakibatkan kerusakan serius. Menghadapi banjir ketika berkendara mutlak harus memiliki teknik khusus. Hal ini mencegah kendaraan mogok.

Tips dari Polisi

Polisi punya tips bila anda mengalami situasi seperti itu. Sebagaimana disampaikan Trafic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya lewat akun Facebooknya. Apabila terjebak banjir dan kendaraan anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan anda, jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ketempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian anda mengalami konsleting dan dapat membuat kendaran anda terbakar,” kata TMC Polda Metro Jaya.

Sering Ngantuk Saat Mengemudi? Coba deh Pakai Tips Ini!

Selanjutnya, periksa semua lampu kendaraan anda sebelum berkendara menembus hujan. Lampu yang menyala bermanfaat membantu pengendara lain memperhatikan gerak kendaraan anda. Nyalakanlah lampu meski hari masih siang.

Ketiga, periksalah tekanan udara dalam ban. Jangan biarkan ban anda aus dan digunakan untuk menembus banjir, bisa-bisa kendaraan malah tergelincir bila memaksakan diri memakai ban aus.

Keempat, periksa kemudi, pedal rem, gas, maupun kopling kendaraan. Jangan lupa pula bagi pengendara motor, gunakanlah alas kaki yang tidak licin dan tahan air. Faktor keamanan seperti ini perlu diperhatikan supaya pengendara bisa nyaman tanpa bahaya.

Untuk jas hujan bagi pemotor, disarankan Polisi agar memakai jas hujan model baju dan celana. Jas hujan model ponco alias mantel betmen tidak disarankan. Jas hujan model ponco berisiko untuk nyangkut di kendaraan sendiri maupun mengganggu kendaraan lain di sisi kanan dan kiri.

Tips Mudah Redam Emosi Dan Amarah Saat Mengemudi!

Dan yang tak kalah penting, hindari menerobos genangan air dengan sembarangan. Ini karena kita tidak bisa memastikan kedalaman genangan yang sembarangan kita lewati. Salah-salah, kendaraan bisa terperosok lubang yang digenangi air keruh, akhirnya kendaraan mogok, tambah repotlah anda dalam berkendara.

Semoga Jakarta nggak banjir lagi yah..

(Visited 147 times, 1 visits today)