Youth Co:Lab, Start Up Pemuda Kreasi UNDP dan Citibank

0
5
Youth Co:Lab

Dengan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Youth Co:Lab, Start Up Pemuda Kreasi UNDP dan Citibank

Badan PBB untuk Pembangunan (UNDP) bersama Citi Foundation (Citibank), dengan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), meluncurkan inisiatif start up pemuda, Youth Co:Lab, di kota Balikpapan, Indonesia. Inisitiatif bersama ini mempersatukan beberapa kewirausahaan sosial utama yang ada di negara ini.

Youth Co: Lab tahun ini menampilakn 15 wirausaha muda seperti pengembang aplikasi digital pengelolaan limbah hingga operator ekowisata di sebuah pulau yang berjauhan.  Ke-15 perseta berasa dari lur pulau Jawa dan dipilih dari ratusan kandidat. Para wirausahawan muda  mewakili kewirausahaan sosial paling inovatif dengan potensi peningkatan yang sangat besar.

Ninja Academy: Program Baru dari Ninja Xpress untuk Pelaku UKM Indonesia

Tahun ke-2 Youth Co: lab berfokus pada bisnis sosial yang mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs) dengan tujuan no 3 (Kesehatan dan Kesejahteraan yang Baik), 7 (Energi yang Terjangkau dan Bersih), 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab) ), 13 (Aksi Iklim), 8 (Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), dan 14 (Kehidupan di Bawah Air).

Innovative Financing Lab dari UNDP Indonesia menyelenggarakan Youth Co:Lab, dengan bimbingan dan dukungan dari Citibank dan BEKRAF. 15 peserta yang terpilih akan menerima pelatihan dan bimbingan dalam pemasaran digital, strategi bisnis, pemikiran dan perencanaan berbasis desain, dan bimbingan hukum dari  16 September hingga 22 September 2019 di Balikpapan., The Local Enablers  – incubator terkemuka  yang berbasis di Jawa Barat – juga akan memandu program bimbingan ini .

Pemenang Youth Co:Lab akan diumumkan pada 27-28 Oktober 2019, pada dialog nasional di Jakarta di mana para peserta akan terhubung dengan calon investor, pemodal usaha, mentor, dan audiensi publik.

Youth Co: Lab pertama diadakan di Bali tahun lalu, dan telah memberdayakan 15 peserta, dan membantu 81 orang untuk dipekerjakan, serta menarik investasi sejumlah Rp. 294,8 juta. Youth Co:Lab tahun lalu juga mencapai 650 penerima manfaat, dan menerima 3 penghargaan dalam Youth Co:Lab Summit 2019 yang diadakan di Hanoi, Vietnam.

 

(Visited 377 times, 1 visits today)